Beranda Ekonomi Pengusaha Kesulitan Bayar THR Tahun Ini Akibat Pandemi Corona

Pengusaha Kesulitan Bayar THR Tahun Ini Akibat Pandemi Corona

JAKARTA – Pengusaha kesulitan membayar tunjangan hari raya kepada pekerja lantaran keuntungan dan uang kontan melorot bahkan minus akibat pandemi covid-19. Meskipun, pemberian THR ini sudah diatur oleh Undang-Undang.

Ramadan tak kurang dari sebulan lagi. Setelah itu, seharusnya lebaran jadi kabar baik bagi pekerja karena jadwalnya mengantongi tunjangan hari raya alias THR.

Mengacu Permenaker Nomor 6 Tahun 2016 Tentang THR Pasal 1 menyatakan, Tunjangan Hari Raya keagamaan yang selanjutnya disebut THR keagamaan adalah pendapatan non-upah yang wajib dibayarkan oleh pengusaha kepada pekerja buruh atau keluarganya menjelang hari raya keagamaan.

Baca Juga :  Diduga kelelahan, ada Robot di Korea Bunuh Diri dan Viral di Media Sosial

THR menjadi salah satu unsur terpenting dalam perputaran uang lebaran. Di tahun 2019, putaran “uang lebaran” ke penjuru tanah air sampai 187,2 Triliun Rupiah.

Sayangnya, pandemi covid-19 alias corona tak hanya menyerang kesehatan manusia tapi melemahkan gairah dunia usaha. Tak semua perusahaan punya kemampuan keuangan yang sama.

Baca Juga :  Peluang Emas di Dunia Agribisnis Indonesia: Ayo Mulai Sekarang!

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia Said Iqbal menilai tak ada alasan bagi pengusaha untuk tak membayarkan kewajiban THR pada pekerja meski dalam situasi pandemic. Sebab, THR seharusnya sudah masuk dalam hitungan operasional bulanan yang disisihkan perusahaan.

Dunia usaha dan pekerja harus sama-sama jadi penyintas pandemi covid-19. Tetapi mereka tidak bisa “survive” sendiri. Tetap butuh “gizi” berupa stimulus yang dijanjikan pemerintah.

Sumber:Kompas

Artikulli paraprakIsolasi Mandiri, ODP di Ciampea Berkurang
Artikulli tjetërPandemi Corona, Harga Minyak Terus Menurun