Beranda Daerah Jasad Petugas Stasiun Cimekar Berhasil di Evakuasi

Jasad Petugas Stasiun Cimekar Berhasil di Evakuasi

Publikbicara.com –Jasad yang diduga petugas keamanan Stasiun Cimekar yang terjepit gerbong kereta api berhasil dievakuasi sekitar pukul 17.25 Wib, Jumat (5/2/2024). Korban dibawa langsung ke Rumah Sakit Sartika Asih untuk diidentifikasi.

Sebelumnya, jasad pramugara Adriansyah yang turut terjepit di gerbong berhasil dievakuasi sekitar pukul 13.30 Wib. Sedangkan jasad manisis Julian Dwi Setiyono dan asisten masinis Ponisam dievakuasi setelah kejadian tabrakan terjadi.

Seperti diketahui, tabrakan terjadi antara Kereta Api Turangga dengan Kereta Api lokal Bandung Raya di petak jalan antara Stasiun Cicalengka dengan Stasiun Haurpugur, Jumat (5/1/2024) sekitar pukul 06.03 Wib. Empat orang tewas dalam peristiwa tersebut.

“Alhamdulilah 17.25 Wib korban meninggal terakhir sudah berhasil dievakuasi tim di lapangan. Saat ini kondisi jenazah di bawa ke Rumah Sakit Sartika Asih untuk di identifikasi tim DVI,” ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo, Jumat (5/1/2024).

Baca Juga :  Wajah Baru di Panggung Politik : Berikut Daftar Nama Anggota DPR RI Provinsi Jawa Barat Periode 2024-2029

Ia mengungkapkan korban yang mengalami luka sebanyak 42 orang dan yang mengalami luka berat sebanyak dua orang. Total empat orang yang meninggal dunia dalam peristiwa tabrakan telah berhasil dievakuasi.

“Hasil scanning tidak ditemukan lagi korban di TKP, ini terakhir dan tidak ada lagi proses evakuasi,” kata dia.

Kendala di lapangan, ia mengungkapkan terdapat penumpukan material gerbong sehingga posisi korban tertutup. Oleh karena itu, sempat dilakukan pemotongan material gerbong. Namun, tidak berhasil hingga akhirnya dilakukan penarikan gerbong.

“Diambil langkah penarikan gerbong di ujung agar ada perenggangan yang ada alhamdulillah penarikan berhasil walau cukup lama gerbong ditarik dua sisi petugas dapat akses masuk,” kata dia.

Ia mengatakan alat yang dipakai merupakan alat berat dari PT KAI. Petugas saat ini berusaha membersihkan area di lokasi kejadian dan tim PT KAI akan melakukan asesmen terkait kelaikan jalur untuk dilintasi.

Baca Juga :  Sirkuit Rumpin Membuka Jalan Menuju Kejayaan Otomotif, Aan Triana : Seperti Semi Mandalika

“Kewenangan PT KAI untuk izin melintas area ini. Target sebelum gelap sudah clear,” kata dia.

Penyelidikan penyebab kecelakaan sendiri, ia mengatakan dilakukan oleh tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Kepala Basarnas Bandung Hery Marantika mengatakan evakuasi yang dilakukan oleh tim gabungan telah dilaksanakan dengan korban terakhir petugas keamanan. Jasad dievakuasi sekitar pukul 17.29 wib.

“Korban terakhir adalah security kereta (lokal) berhasil dievakuasi pukul 17.29 Wib, dengan berhasil satu korban maka jumlah korban dinyatakan meninggal empat orang dan sudah dievakuasi,” kata dia.

Saat kecelakaan terjadi, ia mengatakan korban terpental dari gerbong kereta dan tertimpa gerbong kereta lainnya. Dengan ditemukan korban keempat maka selesai proses pencarian korban.

 

Editor : Camel

Artikulli paraprakSuasana Penuh Emosional Menyertai Camat Icang Aliudin: Rotasi, Mutasi, dan Promosi Tak Terelakkan Bagi PNS
Artikulli tjetërDirut Utama Tirta Kahuripan Dilatik Pj Bupati: Asmawa Tosepu Minta Perluas Jangkauan Air Bersih