Beranda Kesehatan Berikut Cara Ampuh Turunkan Kolesterol Dengan Rebusan Dedaunan

Berikut Cara Ampuh Turunkan Kolesterol Dengan Rebusan Dedaunan

Publikbicara.com, –Kolesterol tinggi sangat berbahaya jika dibiarkan. Bahkan banyak orang menghindari penyakit tersebut. Pasalnya bisa mengakibatkan stroke atau serangan jantung.

Hal itu dapat terjadi ketika terlalu banyak zat lemak di dalam darah sehingga berkemungkinan menyumbat aliran darah di otak. Bahkan, di saat sumbatan tersebut sudah terlalu besar atau menutup seluruhnya, kematian otak dapat terjadi.

 

Berbagai upaya dilakukan, mulai dari memakan makanan berserat hingga mengkonsumsi obat, Namun, tahukah Anda bahwa ada pengobatan alami yang bisa didapatkan dari sejumlah daun, yang jika direbus daun-daun ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi.
Mengutip dari detik.com, rebusan daun-daun di bawah ini dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol:

  1. Daun Kelor
Baca Juga :  Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto Beri Apresiasi Atas Pertandingan Timnas Indonesia Vs Filipina

Tidak diragukan lagi bahwa daun kelor menjadi obat kolesterol. Tanaman ini bahkan sudah dimanfaatkan sejak bangsa Indian mengatasi obesitas. Kandungan zat aktif seperti flavonoid dan tanin, membuat daun kelor diklaim memiliki efek untuk menurunkan kolesterol dengan cepat.

  1. Daun Salam

Tidak hanya untuk bahan tambahan masakan, daun salam ternyata juga bisa menurunkan kolesterol. Daun salam kaya akan senyawa flavonoid. Flavonoid inilah yang berfungsi sebagai antioksidan yang kuat dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi.

  1. Daun sirsak

Daun sirsak sudah lama dikenal masyarakat sebagai obat kolesterol herbal yang mudah untuk dicari dan bahkan diklaim sangat efektif. Salah satu studi menyatakan bahwa air rebusan daun sirsak mengandung senyawa flavonoid yang dapat memberikan efek pembentukan kolesterol di dalam darah.

  1. Daun Sirih
Baca Juga :  Skuad Garuda Bersiap Bertempur Melawan Filipina: Prediksi dan Antisipasi

Mengutip Lybrate, daun sirih memiliki kadar eugenol yang dapat menurunkan kolesterol. Selain itu, eugenol juga menghambat jumlah kolesterol yang dihasilkan di liver dan dapat membantu mengurangi jumlah lipid yang diserap oleh usus.

  1. Daun Serai

Dikutip dari Healthline, daun serai dapat menurunkan kolesterol. Dalam sebuah studi Journal of Advanced Pharmaceutical Technology and Research, daun serai dapat menurunkan kadar kolesterol pada hewan. Penurunan kadar kolesterol tersebut tergantung pada dosis yang diberikan.

Editor : Cep Rendra

Sumber : Dari Berbagai Sumber

 

 

 

Artikulli paraprakHaji Umuh Mulai Gelisah dengan Peluang Persib Usai Dikalahkan Barito Putera
Artikulli tjetërPemdes Tegal Kemang Bogor, Akan Sulap Persawahan Jadi Desa Wisata Tematik