Beranda Kuliner & Wisata Berikut Resep Nasi Bakar Ikan Teri, Dijamin yang Makan Ketagihan

Berikut Resep Nasi Bakar Ikan Teri, Dijamin yang Makan Ketagihan

Publikbicara.com — Begitu banyak memang variasi nasi bakar yang terkenal dari seluruh penjuru Nusantara. Kesamaannya satu, isiannya merupakan perpaduan dari banyak bahan yang menjadikannya berbumbu, wangi, dan kaya. Begitu pun dengan resep yang satu ini, karena selain bahan-bahannya dibumbui Royco Kaldu Sapi, ada juga tambahan tempe dan ikan teri. Wah, makin tidak sabar ingin makan nasi bakar ikan teri, nih!

Nasi, tempe, dan ikan teri. Apakah kesamaan di antara ketiganya? Biasanya ketiga bahan ini hampir selalu ada stoknya di rumah. Katakanlah nasi, dimana terkadang kebiasaan kita adalah menanak nasi baru dan melupakan yang lama. Padahal nasi kemarin dapat dimanfaatkan kembali, seperti misalnya untuk resep nasi goreng ataupun nasi bakar kali ini. Kemudian ada tempe yang merupakan favoritnya orang Indonesia.

Hampir pasti selalu ada stoknya di kulkas atau olahan lama yang masih dinikmati keesokan harinya. Terakhir, ikan teri juga biasa dijadikan sebagai pelengkap lauk layaknya abon. Agar tidak mubazir, maka kita bisa memanfaatkannya menjadi nasi bakar ikan teri yang lezat dan dijamin ludes antisisa!

Baca Juga :  Prabowo Subianto Serukan Persatuan Elit Politik Demi Kemajuan Rakyat Pasca-Pilpres 2024

Berkreasi dengan macam-macam resep nasi dapat menghindarkan kita dari kemungkinan terjadinya sisa makanan. Seperti kita ketahui, nasi adalah salah satu makanan sisa terbanyak dalam setiap rumah tangga. Padahal resep nasi bakar sederhana seperti ini saja bisa membantu kita menjaga bumi dan mengurangi food waste yang kini tengah banyak terjadi di dunia.

Dan asal tahu saja, Indonesia adalah negara kedua terbesar di dunia yang menyumbang food waste dan jumlahnya kian mengkhawatirkan. Karena sisa makanan berlebih ini sebetulnya bisa membantu kebutuhan pangan hingga 28 juta orang miskin di negeri ini.

Sebagai penutup, nasi bakar ikan teri ini cocok disantap dengan berbagai resep tradisional Indonesia lainnya, lho! Misalnya saja sayur asem ataupun sop ayam. Ayo, cek bagian resep MAHI untuk mencari inspirasi masak hari ini! Nah, sekarang, udah siap memasak.

Bahan-bahanya sebagai berikut :
4 porsi nasi

200 gram tempe, potong korek api, goreng kering

Baca Juga :  Dukung Timnas Indonesia U-23 yang Akan Berlaga di Semi Final Piala Asia Melawan Uzbekistan, Polres Bogor Gelar Nobar dan Berhadih

120 Gram teri medan, goreng

70 gram daun kemangi

2 buah mentimun, iris serong

2 buah tomat, iris

2 lembar daun salam

4 lembar daun jeruk, iris

2 batang serai, memarkan

3 Bango Kecap Manis

1 sdt garam

2 buah cabai merah besar, iris serong

3 sdm minyak, untuk menumis
Tusuk gigi
Daun pisang, untuk membungkus
Bumbu halus

12 buah cabai rawit merah

7 butir bawang merah

4 siung bawang putih

Cara membuat
1 .Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun jeruk, daun salam, dan serai hingga harum.

  1. Masukkan ikan teri dan tempe, aduk. Tambahkan Bango Kecap Manis dan garam, aduk. Masukan kemangi, aduk sebentar. Angkat.

3.Tumpuk 2 lembar daun pisang, beri 1 sdm cabai merah iris, lalu ¼ bagian nasi putih dan tumis teri tempe ke atasnya.

4.Bungkus bentuk memanjang dan sematkan kedua sisinya menggunakan tusuk gigi. Ulangi proses serupa pada sisa bahan. Sisihkan.

5.Panaskan grill pan, panggang nasi teri di kedua sisinya hingga daun pisangnya mengering atau berwarna gelap. Angkat. Sajikan bersama mentimun dan tomat.(Resepku.com)

Artikulli paraprakMasuk Partai Golkar, Ridwan Kamil Akan Diumumkan Hari Ini
Artikulli tjetërProyek Infrastruktur Pemkab Bogor Banyak Mangkrak, Berikut Perusahaan yang di Putus Kontrak