Beranda Kesehatan Tanpa Obat Sirop,Begini Cara Yang Aman Untuk Turunkan Demam Anak

Tanpa Obat Sirop,Begini Cara Yang Aman Untuk Turunkan Demam Anak

JAKARTA,PUBLIKBICARA.COM – Pemerintah telah melarang penjualan obat sirop untuk sementara waktu setelah ramai kasus ratusan anak di Indonesia terkena gagal ginjal akut misterius.

Dilansir detikHealth, beredar dugaan, kasus tersebut dipicu oleh kandungan etilen glikol (EG) di obat berbentuk cair atau sirop. Pemerintah juga tidak merekomendasikan seorang anak mengkonsumsi obat sirop ketika sakit dan membutuhkan parasetamol.

Wakil Ketua II PD Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) DI Yogyakarta Arifianti Piskana Susilowati mengatakan, ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan orang tua yaitu menggunakan cara tradisional dan kompres untuk mengatasi gejala demam pada anak.

“Kita mengedepankan terapi non-farmakologi. Untuk anak sebenarnya ada banyak cara. Kita mengenal banyak cara untuk menurunkan demam pada anak. Saya yakin di lingkungan kita banyak sekali. Ada yang menggunakan insan brambang parutan dari bawang merah, dan lain sebagainya itu banyak. Itu bisa kita gunakan,” jelasnya dalam webinar ‘Kupas Tuntas Kasus Gagal Ginjal Akut pada Anak dan Dugaan Sirup Obat sebagai Penyebabnya’ di YouTube Kanal Pengetahuan Farmasi UGM, Sabtu (22/10/2022).

Baca Juga :  Timnas Indonesia U-23 Hadapi Raksasa Uzbekistan di Panggung Piala Asia U-23 2024: Berikut Ulasannya

Arifianti juga mengingatkan pentingnya menjaga kebutuhan cairan anak. Menurutnya, salah satu kunci anak bisa kembali pulih saat demam yaitu terpenuhi kebutuhan cairan. Namun, jiga anak terus mengalami gejala demam juga dianjurkan untuk segera diperiksakan ke fasilitas layanan kesehatan.

Baca Juga :  Melampaui Batas Politik: Kisah Karir Politik Ade Ruhandi Menjadi Calon Bupati Bogor Periode 2024-2029

“Tapi yang penting adalah kita lakukan monitoring terhadap gejala. Kalau anak itu demamnya tidak segera turun atau mungkin cenderung naik terus, bawa saja ke sarana pelayanan kesehatan (seperti) dokter atau rumah sakit sehingga bisa mendapatkan pelayanan segera,” beber Arifianti.

“Saat ini tunda dulu untuk memberikan parasetamol baik itu bentuknya sirup atau drop. Kita kedepankan non-farmakologi. Tapi tentu ada batasannya. Manakala gejalanya memburuk, segera bawa ke dokter,” pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di detikHealth dengan judul Warga Diimbau Tak Pakai Obat Sirup, Ini Cara Lain Turunkan Demam Anak Kata Pakar

Sumber:Detik

Artikulli paraprakPakar Sarankan Agar Anak Jangan Dipakaikan Diapers Dulu Untuk Pantau Gejala Gagal Ginjal Akut
Artikulli tjetërWhatsApp Lemot Langsung Lancar Dengan Cara Ini