Beranda Daerah Limbah Pengolahan Minyak Sawit Cemari Sungai Cikalong dan Cidurian

Limbah Pengolahan Minyak Sawit Cemari Sungai Cikalong dan Cidurian

BOGOR,PUBLIKBICARA.COM – Pemerintah Desa Kalong Sawah dan Desa Mekarjaya bersama satgas Dinas Lingkungan Kecamatan Jasinga melakukan mediasi bersama pihak pabrik kelapa Sawit Cikasungka terkait limbah mengalir ke aliran sungai Cikalong.

“Tentunya ada keresahan bagi masyarakat karena dampak dari limbah warnanya hitam khususnya Kalong Dagul selalu menggunakan air disungai itu tetapi kita ada limbah jebol akhirnya tidak bisa dimanfaatkan airnya,” kata Sekdes Kalong Sawah Sugito kepada wartawan.

Sugito mengatakan, untuk sementara masyarakat saat ini memakai air bersih di sumur masing-masing, karena karena sering di dipakai cuci baju, mandi untuk masyarakat sekitar.

Baca Juga :  Operasi Petir: Penangkapan Epik Sembilan Penambang Emas Nakal oleh Tim Patroli Antam

“Ini sudah kejadian sekian kali, hari inikan diadakan musyawarah tetapi kami meminta harus ada langkah yang bisa diambil nyata dan bisa dirasakan oleh masyarakat kami,” tegasnya.

Senada dikatakan Satgas DLH Kecamatan Jasinga Fery Herianto menjelaskan, dampak dari musibah tentu harus ada langkah da solusi tepat. Karena, alirannya melewati wilayah Desa Mekarjaya Kecamatan Cigudeg.

“Informasinya ada kebocoran di penampungan nomor 9 upaya dari dari pihak Pabrik sudah menutup cuma nanti jangka pendeknya mereka akan mengupayakan pake media bronjong agar tidak terlalu besar aliranya ke sungai Cikalong sampai ke Cidurian,” ucapnya.

Baca Juga :  Satu Keluarga Meninggal Terjebak di Jalan Berlumpur di Jalan Alternatif

Sementara Kepala Masinis Pabrik kelapa Sawit Cikasungka Pandu gemilang mengaku atas kejadian ini sudah berkoordinasi dengan kantor pusat dan wilayah sebatas menginformasikan.

“Nanti progamnya seperti apa akan turun disposisi atau kebijakaan untuk melaksanakan program, Mudah-mudahan progam yang kita ajukan itu terkait dengan referensi dinding kolam dan cepat terealisasikan,” pungkasnya.
(Fex)

Artikulli paraprakCara Atasi Lupa Password Pada Laptop Windows 10
Artikulli tjetërViral Warga Sembah Makam Keturunan Etnis Tionghoa di Pamijahan Bogor