Beranda News Rafa Firjullah Siswa MIN 1 Murung Kalteng Raih Medali Emas Catur Internasional

Rafa Firjullah Siswa MIN 1 Murung Kalteng Raih Medali Emas Catur Internasional

BOGOR, PUBLIKBICARA.COM – Sebuah prestasi kembali ditorehkan putra bangsa dalam ajang catur internasional. Nama Indonesia kali ini diharumkan oleh siswa bernama Rafa Firjullah.

Bocah yang tercatat sebagai siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri(MIN) 1 Murung Raya, Provinsi Kalimantan Tengah ini menorehkan prestasi tingkat dunia. Ia membawa pulang medali emas dalam ajang Age Group Chess Championship KU 16 tahun 2022 yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia.

“Alhamdulillah, Rafa Firjullah bisa sampai babak final dan berhasil meraih medali emas,” kata Kepala MIN 1 Murung Raya Nasrullah, sebagaimana dikutip dari laman resmi Kemenag (5/9).

Lebih lanjut, Nasrullah juga mengatakan bahwa prestasi yang diraih Rafa dalam Kejuaran Catur Malaysian Chess Festival ini menjadi kebanggaan bagi Provinsi Kalimantan Tengah dan Indonesia. Rafa memang dikenal sebagai bocah yang gemar dengan olahraga catur.

Berhasil kalahkan puluhan peserta
Rafa Firjullah mengaku perjalannya untuk membawa medali emas ini tidaklah mudah. Ia harus mengalahkan 97 peserta yang rata-rata sudah berpengalaman di bidang catur.

Baca Juga :  Dewa United Menang Telak 3-0 di Kandang Lawan Persebaya

“Alhamdulillah, berkat doa dan usaha keras, saya bisa melalui semua tahapan dengan baik dan menjadi juara I pada ajang Age Group Chess Championship KU 16 tahun 2022 ini ,” ujar Rafa.

Tentu semua hasil prestasinya ini bisa diraih dengan kerja keras dan usaha yang dijalani. Rafa giat berlatih sehingga kemampuannya dapat terus dimaksimalkan sebelum akhirnya bertemu dengan lawannya.

Age Group Chess Championship KU 16 tahun 2022 sendiri merupakan ajang catur skala internasional yang diikuti enam negara, yaitu Indonesia, Malaysia, China, Filipina, India dan Singapura.

Menjuarai berbagai turnamen catur
Rafa yang saat ini duduk di bangku Kelas 6 MIN 1 Murung Raya ini memang dikenal sebagai langganan juara untuk berbagai turnamen catur. Sebelum membawa medali emas tingkat internasional, ia lebih dulu menjadi juara nasional.

Baca Juga :  Satu Keluarga Meninggal Terjebak di Jalan Berlumpur di Jalan Alternatif

Rafa pernah menjuarai turnamen catur online junior se-Indonesia. Artinya prestasi yang ia miliki ini terus diasah hingga akhirnya bisa mencapai tingkat yang lebih tinggi.

Mendapat apresiasi dari berbagai pihak
Atas prestasi yang diraih Rafa, bocah ini mendapat banyak ucapan selamat dari berbagai pihak. Termasuk dari sekolahnya yang juga berharap agar prestasi Rafa ini bisa menjadi contoh bagi siswa lainnya.

“Kami keluarga besar MIN 1 Murung Raya bangga atas pretasi yang diraih Rafa Firjullah. Terus berkarya dan berikan inpsirasi kepada semua siswa madrasah Indonesia,” ujar Nasrullah.

Apresiasi senada juga disampaikan Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Kalteng Achmad Farichin. “Bangga dan senang atas prestasi yg luar biasa, ini menunjukkan bahwa siswa madrasah dari Kalteng bisa mengharumkan nama bangsa dan negara di mata dunia,” pungkas Achmad Farichin.

Sumber : Detik

Artikulli paraprakNgeri! ODGJ Ngamuk Bacok Bocah Berusia 15 Tahun di Ciampea Bogor
Artikulli tjetërBBM Naik, Harusnya Angkutan Umum Dikecualikan