Beranda Kesehatan&Gaya Hidup Minum Air Putih Sisa Semalam? Bahaya Kah?

Minum Air Putih Sisa Semalam? Bahaya Kah?

Jakarta, Publikbicara.com – Kita semua mungkin pernah meminum air yang tersisa di meja samping tempat tidur. Bahkan, mungkin ada yang meminum air yang telah didiamkan lebih lama lagi.

Amankah ketika kita minum air yang tersebut? Dikutip dari Times of India bahwa terdapat beberapa catatan ketika kita memutuskan untuk minum air yang telah didiamkan semalaman atau lebih.

Rasa air
Jika Anda pernah minum air yang telah didiamkan semalaman dan merasa rasa airnya berbeda, itu disebabkan oleh karbon dioksida.

Ketika Anda menaruh air dalam gelas terbuka selama sekitar 12 jam, maka karbon dioksida dalam ruangan tersebut akan bercampur dengan air. Hal itulah yang akan mengurangi kadar pH air dan membuat rasanya tidak enak.

Air tersebut lebih baik tidak dikonsumsi, apalagi ketika kedapatan binatang masuk ke dalamnya, sepeti nyamuk atau lalat.

Baca Juga :  Penghasilan Menurun Akibat Proyek Jalan Molor, Supir Angkot di Tenjolaya Protes

Air yang dibiarkan di wadah terbuka
Anda harus menghindari minum air dari wadah yang terbuka dalam waktu yang lama. Hal itu dikarenakan air yang dibiarkan dalam wadah terbuka akan menjadi rumah bagi banyak bakteri dan itu tidak aman untuk diminum.

Anda pun tidak tahu selama semalaman atau bahkan lebih, berapa banyak debu, serpihan, dan partikel mikroskopis lainnya yang masuk ke dalam air tersebut.

Minum air dari botol
Air yang dibiarkan dalam botol untuk waktu lama tidak aman untuk dikonsumsi. Hal itu dikarenakan ketika kita menempelkan bibir kita ke ujung botol untuk minum, akan meninggalkan debu, kulit mati, bahkan keringat yang kemudian terbawa kembali oleh air sisa tersebut.

Baca Juga :  Satu Anggota Polsek Astana Anyar Meninggal Kena Bom Bunuh Diri

Tak hanya itu, air liur juga mengandung banyak bakteri yang kemudian tercampur dengan air dalam botol tersebut. Ketika dibiarkan bakteri tersebut akan tumbuh, dan masuk ke dalam tubuh ketika diminum lagi.

Hal itu dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan pada tubuh, terlebih jika Anda berbagi minum dengan orang yang punya penyakit menular.

Tips
Terdapat beberapa tips untuk Anda yang terbiasa minum air yang telah didiamkan semalaman, yaitu:

  • Tidak ada salahnya jika Anda minum air yang telah didiamkan semalaman, dengan catatan air tersebut tersimpan dengan baik.
  • Selalu tutupi air yang tersimpan dalam gelas atau wadah terbuka.
  • Jangan pernah masukan mulut Anda ke dalam botol ketika minum, jika sudah demikian segera habiskan air dalam botol tersebut.

Sumber :Detik

Artikulli paraprakMotoGP Catalunya 2022 Berlangsung Di Circuit de Barcelona, Ini Jadwalnya !
Artikulli tjetërWarga Pamijahan Bogor Digegerkan Penemuan Mayat Di Sungai Cikuluwung

Tinggalkan Balasan