Beranda Kesehatan Wortel Ternyata Bisa Singkirkan Kolesterol Jahat, Ini Kata Pakar

Wortel Ternyata Bisa Singkirkan Kolesterol Jahat, Ini Kata Pakar

Jakarta, Publikbicara.com – Wortel ternyata memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Salah satu manfaat utama wortel adalah untuk kesehatan mata. Hal ini tidak lepas dari kandungan vitamin A yang melimpah yang ada pada wortel. Selain itu makan wortel bisa bantu singkirkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Kolesterol tinggi adalah kondisi kesehatan berbahaya yang dialami banyak orang. Kondisi ini merujuk pada tingginya kadar kolesterol Low Density Lipoprotein (LDL) atau sering disebut kolesterol jahat dalam tubuh.
LDL merupakan salah satu penyebab utama pembentukan ateroma, pemicu penyakit jantung yang berkaitan dengan pengerasan pembuluh darah. Kondisi tingginya LDL perlu diwaspadai sedini mungkin.

Kolesterol jahat bisa disingkirkan dengan berbagai cara, termasuk mengatur pola makan. Ada sebuah jenis sayuran yang disebut pakar kesehatan ampuh menyingkirkan LDL dalam tubuh.

Ahli gizi Lisa Young melalui Finally Full, Finally Slim mengatakan, “Wortel secara alami mampu mengurangi dan mengatur kadar kolesterol jahat dalam tubuh.” Hal ini lantaran kandungan mineral, vitamin, serat larut, hingga antioksidan di dalamnya.

Baca Juga :  Bandara Sam Ratulangi Tutup Akibat Abu Vulkanik Gunung Ruang

Mengutip Times of India (16/5), pakar kesehatan menekankan kehadiran vitamin A dan beta karoten, antioksidan dalam wortel, bisa membantu melindungi seseorang dari risiko penyakit jantung kronis. Antioksidan punya peran penting dalam meregenerasi sel dan mengurangi dampak kerusakannya akibat radikal bebas.

Laporan dalam jurnal Nutrient States juga mengungkap kehebatan wortel. Dipenuhi dengan serat larut dan tak larut, konsumsi wortel bisa mengurangi kadar kolesterol tinggi, menurunkan tekanan darah, sekaligus mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

Wortel bisa diolah menjadi ragam sajian enak. Mulai dari dijus dengan tambahan perasan lemon agar bau langunya berkurang, dijadikan isian sayur sup, hingga direbus jadi camilan ‘carrot sticks’.

Wortel untuk KolesterolWortel bisa diolah menjadi ragam sajian enak. Mulai dari dijus, dijadikan isian sayur sup, hingga direbus jadi camilan ‘carrot sticks’. Foto: iStock
Khusus untuk jus wortel, sebuah studi juga menunjukkan bahwa minum secangkir jus wortel secara rutin selama tiga minggu mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini diungkap peneliti melalui farmwisefood.com (05/02/2019).

Baca Juga :  DARI PREMAN TERMINAL, SEKDES HINGGA ANGGOTA DPRD PROVINSI JABAR

Wortel untuk KolesterolSebuah studi juga menunjukkan bahwa minum secangkir jus wortel secara rutin selama tiga minggu mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Foto: iStock
Selain wortel, buah apel dan alpukat juga disebut peneliti mengandung zat alami yang berfungsi sebagai penurun kolesterol. Kamu bisa mengonsumsinya rutin dalam menu sehari-hari.

Pada apel, misalnya, pektin atau serat larut di dalamnya dapat membantu menurunkan kadar LDL (low-density lipoprotein) dengan cara menyerap kolesterol dalam darah dan membantu mengeluarkannya melalui saluran pencernaan. Semakin banyak apel yang dikonsumsi maka semakin banyak serat yang memberi efek positif.

Lalu pada alpukat, lemak sehat di dalamnya menggantikan lemak yang tidak sehat. Kandungan lemak tak jenuh yang ada di dalam alpukat bisa mengurangi kolesterol jahat di dalam darah.

Sumber:Detik

Artikulli paraprakHeboh! Babi Hutan Masuk Perkampungan Warga di Cigudeg Bogor
Artikulli tjetërGregoria dan Putri KW Lolos ke Semifinal SEA Games