Karena Uji Coba Ganjil Genap Mudik  Lebaran, Lalin di Tol Cikampek Tersendat

Berita Populer

- Advertisement -

Jakarta,Publikbicara.com – Uji coba rekayasa lalu lintas ganjil-genap (gage) di tol selama mudik Lebaran mulai diterapkan hari ini. Ganjil-genap ini menyebabkan lalu lintas padat.

Pantauan di Tol Cikampek pukul 11.20 WIB, Senin (25/4/2022), terlihat uji coba ganjil genap di Km 47 segera diberlakukan. Sejumlah petugas bersiap mengawasi pengendara yang pelat nomornya tidak sesuai.

Nantinya kendaraan menuju gerbang Tol Cikampek Utama yang tak sesuai diarahkan ke jalan arteri menuju jalan internasional Karawang Barat untuk keluar tol.

- Advertisement -

“Kita arahkan ke jalan arteri untuk keluar tol,” kata Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi di lokasi.

Sementara itu, akibat adanya uji coba ganjil-genap lalu lintas dari Km 46 menuju Km 47 padat. Eddy mengatakan uji coba ini dilakukan untuk menuju puncak arus mudik yang diprediksi terjadi 28 April mendatang.

“Upaya ini dilakukan bagaimana untuk mengurangi kepadatan arus kendaraan yang mana kapasitas jalannya tidak sesuai dengan volume yang nantinya akan ada. Makanya kita melakukan kegiatan rekayasa lalin dengan uji coba ganjil-genap.
Hari ini kami sudah melakukan pengecekan dari Km 10, anggota sudah ada di sana untuk melakukan pengalihan arus,” paparnya.

Baca Juga :  Gempa Bumi M 4,0 Guncang Pangandaran, Terasa Hingga ke Ciamis Jawa barat
- Advertisement -

“Sekarang menuju ke gerbang Karawang Barat. Ini juga dilakukan pengalihan arus bagi kendaraan yang nopolnya tidak sesuai dengan tanggal sekarang. Kami mohon perhatian kepada masyarakat untuk kepentingan bersama diharapkan kelancaran arus lalin keamanan, kenyamanan, keselamatan akan terjamin,” lanjut dia.

Sebelumnya, uji coba rekayasa lalu lintas berupa ganjil-genap (gage) di jalan tol diberlakukan pemerintah menjelang mudik Lebaran 2022. Uji coba ganjil-genap itu diberlakukan mulai hari ini hingga 2 hari ke depan.

“Uji coba rekayasa lalu lintas mudik. Kami informasikan jadwal pelaksanaan uji coba penerapan rekayasa lalu lintas ganjil-genap,” ujar Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi kepada wartawan, Minggu (24/4/2022).

- Advertisement -

Eddy mengatakan uji coba terbagi dalam tiga hari. Uji coba ganjil-genap dilakukan di Tol Cikampek Km 47 hingga gerbang Tol Kalikangkung, Semarang.

Baca Juga :  Dihantui Rasa Cemas, Atih dan Ohim Optimis Bisa Berangkat Haji

Ini jadwal dan lokasinya:

1. Senin (25/4) pukul 11.00-13.00 WIB: Dimulai dari Tol Cikampek Km 47 sampai dengan gerbang Tol Cikampek Utama Km 70
2. Selasa (26/4) pukul 11.00-13.00 WIB: Dimulai dari Tol Cikampek Km 47 sampai dengan gerbang Tol Palimanan Km 188
3. Rabu (27/4) pukul 10.00-17.00 WIB: Dimulai dari Tol Cikampek Km 47 sampai dengan gerbang Tol Kalikangkung Km 414

Lebih lanjut, Eddy menyampaikan rekayasa lalu lintas lain, seperti contraflow dan one way, sebenarnya juga berpotensi dilakukan. Hanya, contraflow dan one way baru akan diberlakukan apabila terjadi kemacetan parah di jalan tol.

“Apabila terjadi kepadatan, maka dilakukan diskresi kepolisian dengan rekayasa lalu lintas contraflow. Dan apabila masih terjadi kepadatan melebihi batas maksimal, maka akan dilakukan diskresi kepolisian dengan rekayasa lalu lintas one way,” paparnya.
(Detik)

- Advertisement -

Tinggalkan Balasan

Bogor
light rain
21.9 ° C
21.9 °
21.9 °
88 %
2.1kmh
85 %
Sab
23 °
Ming
30 °
Sen
30 °
Sel
31 °
Rab
31 °

Berita terbaru

Kurikulum Merdeka Belum Semuanya Diterapkan di Sekolah Dasar di Leuwisadeng Bogor

Bogor, Publikbicara.com - Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) meluncurkan Kurikulum Merdeka sebagai rangkaian...

Berita Terkait
publikbicara.com