Beranda Kesehatan&Gaya Hidup Perawat Pasien Covid-19: Satu Perawat Bisa Tangani 3 Pasien

Perawat Pasien Covid-19: Satu Perawat Bisa Tangani 3 Pasien

JAKARTA — Bukan pekerjaan mudah di tengah masa pandemi saat ini bagi tenaga kesehatan yang menangani pasien Covid-19. Perawat di Rumah Sakit Sulianti Saroso bernama Nurdiansyah salah satunya.

Ia bercerita, RS tempatnya bekerja telah dipenuhi oleh pasien Covid-19. Sehingga satu perawat harus menangani 2 hingga 3 pasien sekaligus

Menurutnya, penanganan dari tiap pasien membutuhkan waktu yang berbeda-beda.

“Tergantung jumlah obat, tergantung kondisi pasien. Jadi satu pasien bisa satu jam, kalau misalnya pasien tindakannya banyak.

Misalnya ada pasang infus, ada pemeriksaan EKG (elektrokardiogram) atau jantung. Paling cepat 30 menit,” cerita Nurdiansyah melalui siaran langsung kanal BNPB Indonesia, Minggu (19/4/2020).

Baca Juga :  Elon Musk Gaet Hacker Pembobol iPhone Untuk Isi Posisi yang Kosong

Sehingga, jika ada tiga orang yang ditangani maka satu perawat bisa berada di ruangan pasien hingga lebih dari tiga jam.

“Teman saya ada yang sampai 4 jam. Karena memang masih ada pasien tidak berani kalau kita keluar,” tambah Nurdiansyah.

Bukan hanya memberikan perawatan medis, Nurdiansyah dan teman-teman perawatnya juga harus memotivasi pasien, memastikan mental mereka tetap positif agar imunitasnya tidak menurun.

Baca Juga :  PN Tangerang Mengesahkan Nikah Beda Agama

“Ketika dia sesak, kita berikan penguatan, ajarkan teknik napas dalam agar rileks. Lalu kita arahkan untuk menonton hal yang positif. Di kamar pasien ada tv,” tutur perawat yang sehati-hari berjaga di ruangan rawat inap itu.

Nurdiansyah menjelaskan, setiap perawat telah memiliki jadwal masing-maaing dengan jam kerja dinas terbagi tiga, pagi, siang, dan malam.

Sebelum masuk ke ruang perawatan, perawat wajib menyiapkan perlengkapan dan kebutuhan pasien seperti obat dan makanan.
.
Sunber : suara,com

Artikulli paraprakSukseskan PSBB Jabar Wagub Minta Masyarakat Disiplin
Artikulli tjetërPSBB Kota Bogor Belum Maksimal

Tinggalkan Balasan