Beranda Internasional Rusia Kirim Alat Medis Ke AS Untuk Bantu Atasi Serangan Corona

Rusia Kirim Alat Medis Ke AS Untuk Bantu Atasi Serangan Corona

Jakarta — Rusia mengirimkan peralatan medis ke Amerika Serikat untuk membantu mengatasi serangan virus corona. Pesawat militer Rusia yang membawa peralatan medis tiba di Amerika Serikat pada Rabu (1/4) waktu setempat.

Seperti dikutip dari AFP, foto dan video yang diposting di akun Twitter misi Rusia untuk PBB memperlihatkan Antonov-124 telah mendarat di Bandara JFK, New York.

Kementerian pertahanan Rusia sebelumnya mengungkapkan bahwa pesawat yang mengangkut masker bedah dan peralatan medis lainnya telah berangkat menuju AS.

Hubungan Rusia dan AS beberapa waktu belakangan ini sedikit retak akibat sanksi terhadap Moskow atas tindakan di Ukraina. Hubungan Rusia dan AS sempat berada di titik rendah pascaperang dingin. Kedua negara juga bersaing dalam pengembangan senjata

Misi Rusia untuk PBB mengatakan bahwa Kremlin melunak di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Bayar Zakat Fitrah Lebih Utama Pakai Beras Atau Uang? Ini Kata Ustaz Khalid Basalamah

Bantuan medis itu diserahkan setelah Presiden Rusia Vladimir Putin berbicara dengan Presiden AS Donald Trump. Pada Senin kemarin kedua pemimpin negara itu membahas kerja sama dalam memerangi Covid-19.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan bahwa Putin mengharapkan AS melakukan hal yang sama bila Rusia menghadapi krisis. Rusia berharap AS mau berbagi pasokan medis jika suatu saat diperlukan.

“Hari ini, ketika semua orang di dunia menghadapi situasi ini, tidak ada cara lain selain bertindak bersama dalam semangat kebersamaan dan saling membantu,” kata Peskov.

Trump juga telah berbicara soal bantuan Rusia tersebut. “Rusia mengirimi kami banyak sekali peralatan medis, itu sangat bagus.”

AS menjadi negara dengan kasus Covid-19 terbanyak di dunia. Data terbaru menunjukkan bahwa virus corona telah menginfeksi 214.482 orang di AS. Dari jumlah itu, sebanyak 8.878 pasien dinyatakan sembuh dan 5.093 meninggal.

Baca Juga :  Operasi Senyap di Kabupaten Bogor: Ungkap Jaringan Narkoba dan Senjata Rakitan

Selain ke AS, Rusia juga membantu Italia dalam menangani corona. Rusia mengirimkan ratusan pakar virus dan petugas medis ke Italia. Rusia Bantu AS Lawan Corona, Peralatan Medis Tiba di New YorkFoto: CNN Indonesia/Fajrian

Moskow mengatakan bantuan untuk Italia terdiri dari sekitar 100 spesialis virus dengan pengalaman menangani Ebola dan flu babi. Namun media Italia melaporkan bantuan itu tidak terlalu berguna dalam memerangi virus corona.

Pada Maret lalu Rusia menyatakan mengirim hampir 1.000 alat tes virus corona ke sejumlah negara termasuk Iran dan Korea Utara.

Hingga kini Rusia sendiri memiliki 2.777 kasus virus corona, 24 kematian, dan 190 pasien dinyatakan sembuh.

Sumber:Cnn indonesia

Artikulli paraprakJokowi: Saya Minta Siapkan Skenario Penanganan Arus Mudik Komprehensif
Artikulli tjetërWhatsapp Segera Rilis Fitur Baru, Satu Akun Bisa Dipakai Berbagai Ponsel