Beranda Bogor Raya Jokowi Perketat WNI Yang Akan Pulang Dari Luar Negeri

Jokowi Perketat WNI Yang Akan Pulang Dari Luar Negeri

BOGOR–Presiden Joko Widodo memerintahkan jajaran menteri terkait untuk mengatur kebijakan mengenai kepulangan WNI dari luar negeri, khusunya dari Malaysia serta beberapa negara lain yang sudah terjangkit COVID-19.

Menurut Kepala Negara, rencana screening untuk mereka yang pulang dari luar negeri harus dilakukan dengan matang, termasuk penetapan status Orang Dalam Pemantauan (ODP) kepada mereka yang baru tiba di Tanah Air dari luar negeri.

“Arus kembalinya WNI dari negara asing ini terutama dari Malaysia, betul-betul harus dicermati. Karena menyangkut ratusan ribu, bahkan bisa jutaan WNI yang akan pulang. Saya menerima laporan dalam beberapa hari, setiap hari bisa lebih dari 3000 pekerja migran yang kembali dari Malaysia,” jelas Presiden dalam rapat Terbatas terkait Penanganan Arus masuk WNI dan pembatasan perlintasan WNA di Istana Kepresidenan Bogor, pada Selasa (31/3/2020).

Baca Juga :  Komite Nasional Geopark Indonesia Targetkan Punya 12 Geopark Berstatus Global di 2024

Tak hanya itu, Presiden Jokowi juga fokus pada antisipasi kepulangan ribuan ABK dari luar negeri.

“Selain pekerja migran di Malaysia, kita juga harus mengantisipasi kepulangan dari para crew kapal, pekerja ABK yang ada di kapal. Perkiraan kita ada 10 ribu sampai 11 ribu ABK. Ini juga perlu disiapkan dan direncanakan tahapan untuk screening mereka,” jelas Presiden lebih lanjut.

Baca Juga :  Venna Melinda Bacakan Hasil Visum Sambil Menangis

Pemerintah Indonesia sangat concern dengan beralihnya epicentrum COVID-19 dari Tiongkok ke Amerika Serikat. Untuk itu, Presiden Jokowi memerintahkan agar protokol kesehatan tetap diberlakukan secara ketat dan disiplin, guna menghindari kasus imported case tambahan di Indonesia.

Sumber:rri.co.id

Artikulli paraprakPandemi Corona, Harga Minyak Terus Menurun
Artikulli tjetërBergerak Lawan Corona Demokrat Kabupaten Bogor Turun Langsung ke Masyarakat

Tinggalkan Balasan