Beranda Daerah Viral: Penampakan Orangutan Raksasa di Kutai Timur Membuat Heboh Warga

Viral: Penampakan Orangutan Raksasa di Kutai Timur Membuat Heboh Warga

Publikbicara.com – Sebuah video viral menunjukkan seekor orangutan yang hampir setinggi rumah berkeliaran di sebuah permukiman yang diduga berada di Kutai Timur, Kalimantan Timur.

Video ini menarik perhatian Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim, yang kini sedang menyelidiki asal usul rekaman tersebut.

“Kami telah melakukan upaya identifikasi dan penelusuran sejak kemarin melalui media sosial dan cara lainnya.

Baca Juga :  Boeing Mengakui Kesalahan atas Kecelakaan 737 MAX: Siap Bayar Denda Triliunan

Tim Wildlife Rescue Unit (WRU) kami juga sedang mencari lokasi yang dimaksud di Kutim,” kata Kepala BKSDA Kaltim, Ari Wibawanto, kepada detikcom pada Senin (8/7/2024).

Ari menjelaskan bahwa pihaknya belum dapat memastikan lokasi pasti dari orangutan tersebut. Informasi yang beredar di media sosial masih simpang siur dan pengunggah pertama video sudah menghapusnya, membuat penyelidikan lebih sulit.

Namun, upaya untuk menemukan lokasi yang sesuai dengan video tersebut tetap dilakukan.

Baca Juga :  Ayu Ting Ting Kembalikan Barang Hantaran Usai Pertunangannya Dengan Muhammad Fardana Dibatalkan

“Kami belum bisa memastikan apakah lokasinya di Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, atau Kalimantan Tengah. Masih belum bisa dipastikan,” tambahnya.

Dari pengamatannya, Ari menduga orangutan yang terekam dalam video adalah jantan senior.

Mengenai klaim bahwa orangutan tersebut hampir setinggi rumah, Ari mengatakan hal itu disebabkan oleh sudut pengambilan video.

Baca Juga :  Ayu Ting Ting Kembalikan Barang Hantaran Usai Pertunangannya Dengan Muhammad Fardana Dibatalkan

“Lihat sudut pengambilan videonya, itu diambil dari bawah sehingga orangutan terlihat lebih besar. Rumah di video itu juga tidak diketahui jaraknya. Jadi, itu hanya efek dari sudut pandang saja,” jelas Ari.

Ari menambahkan bahwa orangutan yang memasuki permukiman warga atau jalan raya adalah hal yang wajar, terutama untuk orangutan jantan yang tidak memiliki wilayah teritori tetap.

“Orangutan jantan sering berkeliaran mencari betina atau makanan, seperti petualang. Mereka tidak memiliki teritori tetap dan akan terus bergerak,” katanya.

Baca Juga :  Menteri AHY Diminta Tangani Kasus Penyerobotan Kebun Karet di Jasinga Bogor

Dari video yang beredar, terlihat orangutan berada di sebuah pohon dekat permukiman warga. Saat berdiri, tingginya hampir mencapai atap rumah, menambah kesan mengesankan dari hewan tersebut.

Artikulli paraprakBoeing Mengakui Kesalahan atas Kecelakaan 737 MAX: Siap Bayar Denda Triliunan
Artikulli tjetërPegi Setiawan Bebas dari Tahanan: Gugatan Praperadilan Dikabulkan