Beranda Daerah Stop Pembakaran Sampah Sembarangan Demi Kesehatan dan Kenyamanan Warga : Ini Kata...

Stop Pembakaran Sampah Sembarangan Demi Kesehatan dan Kenyamanan Warga : Ini Kata Ketua DPRD, Rudy Susmanto

Publikbicara.com – Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto, merespons viralnya video yang menunjukkan kawasan perumahan di Desa Nagrak, Kecamatan Gunung Putri, yang diselimuti asap dari pembakaran sampah. Rudy menekankan pentingnya kesadaran warga untuk tidak sembarangan membakar sampah.

“Sebelum membakar sampah, warga harus benar-benar mempertimbangkan dampaknya. Asap yang dihasilkan bisa sangat mengganggu warga lain. Jadi, saya berharap masyarakat lebih bijak dan tidak asal membakar sampah,” tegas Rudy pada Rabu (15/5/2024).

Rudy menambahkan bahwa praktik pembakaran sampah di kawasan padat penduduk sangat berbahaya. Asap yang mengepul bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan risiko kesehatan yang serius bagi masyarakat sekitar.

“Bayangkan saja, di area yang padat penduduk, asap pembakaran bisa menyebar luas dan mengganggu banyak orang. Ini jelas akan mengganggu kenyamanan bersama,” tambahnya.

Rudy juga mengingatkan bahwa masalah pembakaran sampah sembarangan bisa memicu konflik sosial antar warga. “Kita tidak ingin persoalan ini berkembang menjadi perselisihan antar tetangga,” ujarnya.

Menurut Rudy, peran ketua lingkungan sangat vital dalam menangani masalah ini. “Sebagai orang yang paling dekat dengan warganya, ketua lingkungan diharapkan aktif mengingatkan dan mengedukasi warga tentang bahaya membakar sampah sembarangan,” jelasnya.

Baca Juga :  Kali Cidangdeur Cigudeg Meluap, Puluhan Rumah di Kp. Kadaung Rengasjajar Terendam Banjir

Selain itu, Rudy mengimbau pemerintah setempat untuk lebih gencar melakukan sosialisasi mengenai dampak negatif pembakaran sampah.

“Melalui forum warga dan kegiatan lainnya, kecamatan hingga desa harus berperan aktif mengedukasi warganya. Mari bersama-sama kita ciptakan lingkungan yang nyaman dan sehat,” tutupnya.

Artikulli paraprakGedung Pemuda Kini Terang Benderang: Upaya Kolaboratif DPD KNPI Bogor, Dishub, dan PLN
Artikulli tjetërTerpaksa oleh Perang: WNA Ukraina dan Rusia Ditangkap di Bali Terkait Laboratorium Narkoba Rahasia