Beranda Daerah Kasus Keracunan Makanan di Jasinga Bogor, Dinkes Umumkan Hasil Pemeriksaan 6 Sampel...

Kasus Keracunan Makanan di Jasinga Bogor, Dinkes Umumkan Hasil Pemeriksaan 6 Sampel Makanan Dua Positif

Publikbicara.com, – Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor beberkan hasil pemeriksaan laboratorium terhadap sampel makanan, terhadap kasus keracunan di wilayah Desa Pangradin Kecamatan Jasinga beberapa waktu lalu.

“Hasil pemeriksaan laboratorium belum lama ini terhadap 6 sampel makanan dan sumber air bersih dari dugaan penyebab keracunan makanan di Jasinga dengan 4 variabel yang diperiksa, 2 sampel air bersih positif yaitu sumur resapan positif Staphylococcus aureus dan sumur gali positif Bacillus sp,” ungkap Kabid P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Adang Mulyana, Jumat (7/4).

Baca Juga :  Korban Tragedi Waterway di Pamijahan Dapat Santunan, Pemagaran Akan Dilakukan Paling Lambat Juni

Adang menjelaskan dengan ditemukannya 2 jenis pemeriksaan sangat dimungkinkan telah terjadi kontaminasi, dari sumber air pada bahan makanan saat pengolahan atau proses penyajian.

“Dilihat dari kondisi sumber air memang belum memenuhi syarat sanitasi diantaranya jarak dengan sumber pencemar (saluran pembuangan air kotor dll) kurang dari 11 meter,” jelasnya.

Baca Juga :  Dede Yusuf dan Bey Machmudin Dikabarkan Menolak Tawaran Partai Demokrat Untuk Maju di Pilgub Jabar

Berdasarkan temuan tersebut pihak puskesmas akan melakukan penyuluhan tentang pemenuhan syarat, sanitasi sumber air bersih seperti sumur gali harus di plester (casing) 3 M ke bawah.

“Jadi sekitar sumur gali harus di plester (kedap air) minimal 1 meter dan bibir sumur di tembok sekitar 0,8 meter dan jarak dengan sumber pencemar minimal 11 meter,” kata Adang.

 

Editor : Baba Zikri

Artikulli paraprakSempat Duel Aksi Heroik Satpam Sekolah Amankan Pelaku Pencurian Motor di Rumpin Bogor
Artikulli tjetërKejagung Dukung RUU Perampasan Aset Segera Disahkan DPR