Beranda Daerah Warisan Gubernur HR Nuriana, Masjid Al Imtijaz di Kota Bandung Bernuansa Tiongkok

Warisan Gubernur HR Nuriana, Masjid Al Imtijaz di Kota Bandung Bernuansa Tiongkok

Publikbicara.com, –Tidak hanya masjid Al Jabbar, di Kota Bandung juga selain terdapat masjid raya, ada masjid yang bernuasa Tiongkok. Seperti Masjid Al Imtijaz di Jalan Banceu, Kota Bandung Jawa Barat.

 

Masjid yang berada di pusat Ibu Kota Bandung itu berada dipinggir jalan raya, sepintas seperti klenteng. Namun itu merupakan masjid yang sengaja di desain bernuasa Tiongkok.

Masjid tersebut berdiri sejak tahun 2010, lahir atas keinginan Mantan Gubernur Jawa Barat terdahulu HR Nuriana yang ingin memperkaya Masjid berbudaya Tiongkok di tanah Pasundan.

Baca Juga :  Tradisi Mipit: Kegiatan Upacara Adat Masyarakat Sunda yang Mungkin Anda Belum Tahu

Disaat Ramadan, Masjid tersebut ramai dikunjungi umat Muslim terutama yang hendak melaksanakan ibadah salat.

“Biasanya kalau Ramadan itu ramai baik yang solat tarawih atau kegiatan tadarusan, dan juga istirahat sambil menunggu waktu berbuka puasa,”kata Pengurus Masjid Al Imtijaz, Rahmat Kamis (23/3/2023).

Masjid itu sendiri memang tidak dibuka 24 jam, namun saat Ramadan ini dibuka hingga usai waktu salat subuh

 

“Biasanya itu dibuka pukul 11.00 Wib sampai pukul 19.00 Wib, karena Ramadan itu sampai pagi dibukanya usia sahur dan salat subuh,”kata Rahmat.

Baca Juga :  Butuh Referensi Liburan Long Weekend? Nih Saran Dari Ketua DPRD Kabupaten Bogor yang Patut Kamu Coba

Rahmat menjelaskan Masjid tersebut memang dibuat dengan nuansa Tiongkok, agar di Jawa Barat ini memiliki ciri khas yang unik.

 

Sementara itu menurut salah seorang warga Deden yang berkunjung ke masjid Al Imtijaz itu mengaku baru pertama kalinya. Ia mengungkapkan seperti salat di kelenteng. Meksipun kata dia itu merupakan masjid yang didesain seperti itu.

 

“Kaya di klenteng, ada lampion Daan juga lafaz Allah, adem ada halaman tempat duduk juga kalau ngabuburit cocok,”ungkapnya.

Editor : Camel

Artikulli paraprakWarga Diluar Kota Bandung  Antusias Salat Tarawih Pertama di Masjid Raya Al Jabbar Bandung
Artikulli tjetërPatroli Blue Light Polsek Ciampea Cegah Gangguan Kamtibmas Selama Ramadan