Beranda Ekonomi Kenaikan Harga BBM Bikin Pedagang Pasar Khawatir Sepi Pembeli

Kenaikan Harga BBM Bikin Pedagang Pasar Khawatir Sepi Pembeli

BOGOR, PUBLIKBICARA.COM – Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) membuat pedagang pasar khawatir sepi pembeli. Menurut pedagang jika semua harga pangan naik, dikhawatirkan penjualan akan menurun.

Seperti yang diungkapkan Ridwan pedagang sayur di Pasar Jombang Tangerang Selatan. Saat ini menurutnya memang belum ada kenaikan harga cabai, bawang, hingga sayur-mayur lainnya.

“Kenaikan belum ada ya, masih stabil aja harga sayuran, cabai rawit merah Rp 60.000/kg, cabai keriting merah aja yang naik tapi udah lama jadi Rp 80.000/kg dari Rp 50.000/kg. Bawang putih juga masih stabil Rp 24.000/kg, bawang merah Rp 25.000/kg,” terangnya kepada detikcom, Selasa (6/9/2022).

Meski begitu, Ridwan mengaku khawatir akan kenaikan harga BBM. Menurutnya kenaikan harga BBM bisa menurunkan penjualan karena pembeli menekan pengeluaran.

“Iya sekarang harga BBM naik, ke depan pasti terpengaruh ya sekarang tapi belum. Cuma kan kalau harga-harga naik pasar jadi sepi, pembeli belanjanya dikurangin,” ungkapnya.

Baca Juga :  DARI PREMAN TERMINAL, SEKDES HINGGA ANGGOTA DPRD PROVINSI JABAR

Hal ini juga dikatakan oleh salah satu pedagang ayam bernama Ipin. Ia mengatakan saat ini kenaikan harga ayam sudah terjadi, terakhir naik Rp 1.000/ekor setelah ada kenaikan harga BBM.

“Sebenarnya harga ayam ya sudah ada kenaikan tapi memang nggak banyak seperti Rp 300 atau Rp 500. Itu ayam yang besar sebelumnya Rp 41.000 sekarang jadi Rp 42.000, yang kecil Rp 38.000,” ujarnya.

Ia juga khawatir kenaikan BBM berdampak pada konsumen yang sepi atau mengurangi pembeliannya. Jika begitu, omzet pedagang bisa menurun atau merugi nantinya.

“Yang saya khawatirkan harga BBM naik itu ya nantinya pasar sepi, ini saja kan ya masih begini gini aja, kalau daya beli turun, imbasnya ke kami kami ini pedagang. Pendapatan jadi turun, semakin susah,” katanya.

Baca Juga :  Arus Balik: Perjalanan Emosional dalam Karya Pramoedya Ananta Toer

Kekhawatiran juga dikatakan oleh pemilik toko sembako di Pasar Kebayoran Lama bernama Agus. Ia mengatakan saat ini harga telur ayam, minyak goreng curah hingga gula pasir belum terjadi kenaikan karena harga BBM.

“Telur sekarang udah turun sih Rp 29.000/kg, minyak goreng curah kan sudah banyak ya Rp 14.000/liter, gula juga masih stabil Rp 14.000/kg,” tutur Agus.

Agus meyakini ke depan akan ada kenaikan harga-harga sembako karena kenaikan harga BBM. Saat ini beluk terlihat, menurutnya karena kenaikan baru beberapa hari sejak diumumkan pemerintah Sabtu lalu.

“Sekarang belum ada karena kan BBM naik juga baru beberapa hari, mungkin ke depan harga-harga pasti naik ya. Cuma sekarang aja belum,” ucapnya.

Sumber :Detik

Artikulli paraprakJalan Lingkar Pasar Leuwiliang Rusak Menahun Bahayakan Pengguna Jalan
Artikulli tjetërDepan Gedung DPR Macet, Massa Demo Tolak Kenaikan BBM Mulai Berdatangan