Beranda Kesehatan Mahasiswa Polines Ciptakan Sendok Pelacak Kalori

Mahasiswa Polines Ciptakan Sendok Pelacak Kalori

BOGOR, PUBLIKBICARA.COM – Mahasiswa Politeknik Negeri Semarang (Polines) berhasil ciptakan sendok pelacak kalori. Alat yang diberi nama Spoonycal itu dikembangkan oleh Alfino Almero Suroso bersama timnya.

Seperti yang kita ketahui, kesehatan merupakan hal yang perlu diperhatikan. Terlebih di era sekarang. Obesitas atau kegemukan menjadi masalah yang cukup bahaya bagi tubuh. Bukan hanya menyoal berat badan, namun juga terganggunya sistem kerja organ dalam tubuh seperti jantung.

Cara Kerja Cukup Sederhana
Inovasi yang diusung oleh mahasiswa Polines itu tentunya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat yang ingin diet sehat ataupun mengatur berat badan sebagai langkah preventif. Alfino mengatakan, cara kerja Spoonycal ini cukup sederhana.

Baca Juga :  Kesal Dengan Iklan di Browser HP Anda? Ini Tips Menyingkirkan Iklan di Layar HP

Dikutip dari laman resmi Vokasi Kemdikbud pada Rabu (24/8/2022), cara kerja Spoonycal yaitu dengan menarik makanan yang akan dikonsumsi ke dalam sendok, lalu secara otomatis sendok akan menghitung dan memberi tahu jumlah kalori dalam makanan tersebut.

“Kami mengembangkan sendok ini dengan menggunakan teknologi Internet of Things (IOT),” kata Alfino.

Lebih lanjut mahasiswa Polines itu memaparkan, Spoonycal diciptakan dengan sistem mobile yang diintegrasikan dengan menggunakan hotspot atau WiFi, sehingga penggunaannya dapat melacak asupan kalori yang selama ini masuk ke dalam tubuh.

Besar harapan Alfino dan tim agar Spoonycal dapat membantu masyarakat, terutama yang memiliki penyakit seperti diabetes atau obesitas kronis.

Baca Juga :  Berbagi Kebahagian di Atas Gelombang: Kado Sepesial Mayor Tedy di Kampung Nelayan Jakarta

“Kami berharap sendok ini bisa membantu masyarakat secara umum, terutama kalangan yang memiliki penyakit seperti diabetes atau obesitas yang kronis agar bisa mengontrol kalori yang dikonsumsi setiap harinya,” tambah Alfino.

Afandi Nur, selaku dosen pembimbing dalam proyek tersebut, menuturkan bahwa temuan dari mahasiswanya ini akan terus dikembangkan dan diperbanyak untuk membantu masyarakat dalam menjaga kesehatan dan mengurangi obesitas.

“Penemuan ini akan terus kami kembangkan agar dapat terus memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat dalam menjaga kesehatan dan mengurangi obesitas di Indonesia,” jelasnya.

Sumber : Detik

Artikulli paraprakKenek yang Nyetir Supirnya Di Rumah, Truk Teronton Mogok di Leuwiliang Bogor Bikin Macet
Artikulli tjetërHendra/Ahsan Hadapi Mark Lamsfuss/Marvin Siedel di Babak 16 Besar Kejuaraan Dunia 2022