Beranda Daerah Antusias Perayaan HUT RI Ke-77 Di Nanggung Bogor Setelah Dua Tahun Pandemi...

Antusias Perayaan HUT RI Ke-77 Di Nanggung Bogor Setelah Dua Tahun Pandemi Covid-19

BOGOR, PUBLIKBICARA.COM – Bulan Agustus di setiap tahunnya selalu jadi bulan yang meriah di Indonesia karena seluruh warga di berbagai penjuru Indonesia sangat antusias untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Bukan hanya menghias dan mendekorasi kampung dan tempat tinggal dengan berbagai macam pernak-pernik dan atribut khas 17-an, di beberapa daerah juga biasanya sering diselenggarakan tradisi lainnya yang membuat perayaan semakin meriah.

Tahun 2022 ini perayaan HUT RI ke-77 tampaknya mulai diselenggarakan dengan berbagai macam perlombaan. Pasalnya, dua tahun ke belakang kita tidak bisa menyelenggarakan tradisi tradisi ini karena pandemi Covid-19.

Seperti halnya di wilayah Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, berbagai macam perlombaan digelar mulai dari tingkat lingkungan masyarakat, pendidikan, desa hingga tingkat kecamatan.

Gugus depan (Gudep) SDN Parakanmuncang 02 Mumud mengatakan, animo pelajar untuk menyemarakkan HUT RI dan hari jadi Pramuka di sekolah nya cukup tinggi. Karena dua tahun terpendam akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Reformasi Kesehatan 2025: Segini Harga Iyuran Sistem BPJS Kesehatan

“Saya berharap kedepan kegiatan kita kembali seperti dulu yang lebih baik lagi, karena ini salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan kreativitas anak kemandirian dan rasa tanggung jawab anak terutama di tuntut untuk bersikap baik kedepannya,” ungkap Mumud kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Terpisah, Kepala Desa Hambaro, Kecamatan Nanggung, H. Firdaus mengatakan, berbagai macam lomba yang digelar pada momentum HUT RI membawa manfaat yang positif. Pasalnya, para peserta dari warga desa diberi kebebasan untuk mengekpresikan suatu karya yang bisa diterima dimasyarakat.

“Kegiatan tersebut bukan semata-mata karena nilai atau hadiahnya tetapi bagaimana di HUT RI ini dengan membangun semangat nasionalisme dan menyelaraskan nilai-nilai lokal dalam membangkitkan budaya gotong royong,” katanya.

Sementara itu, di Kampung Panjaungan, Desa Batutulis Kecamatan Nanggung terdapat sekelompok remaja mengaplikasikan moment kemerdekaan dengan menggelar drama kolosal perjuangan.

“Ini kali ke enam warga panjaungan menyemarakkan HUT RI setelah dua tahun vakum, dengan begitu warga nampak antusias mengikuti serangkaian acara dan pentas seni dari warga sekitar,” ungkap ketua Pelaksana kegiatan, Januar Ridho.

Baca Juga :  Dewa United Menang Telak 3-0 di Kandang Lawan Persebaya

Camat Nanggung, Ae Saepuloh menyampaikan, bahwa saat ini bukan karena pandemi melandai saja. Namun, seiring dengan adanya peningkatan perekonomiam warga diharapkan dapat meningkatkan lagi di tahun-tahun berikutnya.

“Artinya dua tahun kebelakang kita sedikit demi sedikit sudah pulih, mudah-mudahan lebih meningkat lagi di tahun depannya,” katanya.

Ae Saepuloh menambahkan, bahkan di wilayah Kecamatan Nanggung banyak tempat-tempat yang memiliki nilai sejarah yang perlu dijaga. Diantaranya terdapat peninggalan berupa Rumah Sejarah yang dulunya dijadikan pusat pemerintahan sipil Kabupaten Bogor yang dipimpin oleh Bupati pertama Bogor, Ipik Gandamana pada tahun 1948.

“Di Nanggung ini nama jalan nya saja Ace Tabrani beliau adalah seorang Pahlawan dari Kecamatan Nanggung bahkan kantor Bupati Bogor pertama ada di Kecamatan Nanggung yakni Ipik Gandamana,” katanya. (Fex)

Artikulli paraprakPenyerahan Sertifikat Tanah Hasil PTSL di Desa Cinangneng Bogor
Artikulli tjetërAlasan Harga Telur Ayam Naik