Beranda Kesehatan 6 Jenis Sayuran Yang Bagus Untuk Hati

6 Jenis Sayuran Yang Bagus Untuk Hati

BOGOR, PUBLIKBICARA.COM ‐‐
Asupan makanan yang tepat dapat mendukung kesehatan hati. Anda pun perlu menambah sayuran yang sehat untuk hati agar organ ini berfungsi optimal.

Organ hati tugas utamanya adalah menyaring darah yang berasal dari saluran pencernaan sebelum dialirkan kembali ke seluruh tubuh. Seperti dilansir dari WebMD, hati juga mendetoksifikasi bahan kimia, memetabolisme obat-obatan, dan produksi protein yang penting untuk pembekuan darah serta fungsi lain.

Karena tugasnya yang berat dan banyak, kesehatan hati perlu dijaga. Berikut beberapa jenis sayuran yang bagus untuk hati.

1.Bit

Bit dikemas bersama nutrisi yang penting buat hati. Bit mengandung antioksidan yang disebut betalain yang menunjukkan fungsi antioksidan dan antiinflamasi untuk mengurangi stres oksidatif.

Selain itu, sebuah studi menunjukkan jus bit mampu melindungi hati dari kelas karsinogen tertentu.

Seperti dilansir dari Stylecraze, untuk hati yang sehat, Anda disarankan untuk minum segelas jus bit setiap hari atau mengonsumsi sekitar 128 g bit 2-3 kali seminggu.

2.Brokoli

Brokoli wajib dimasukkan dalam menu harian sebab sayuran ini bagus untuk hati. Seperti dilansir dari Eat This, Not That!, sebuah studi yang dilakukan pada tikus menemukan tikus yang diberi makan brokoli memiliki matriks hati lebih positif dan insiden perlemakan hati dan tumor hati lebih rendah daripada tikus yang tidak makan brokoli.

Baca Juga :  Mahu Tahu Anggota DPR RI dari Jawa Barat Periode 2024-2029? Berikut Daftar Lengkapnya dari Dapil 1 Sampai 11

Untuk kesehatan hati, setidaknya Anda perlu mengonsumsi sebanyak 128 gr brokoli 2-3 kali seminggu. Brokoli bisa dikonsumsi mentah atau diolah terlebih dahulu.

3.Wortel

Sayuran yang bagus untuk hati salah satunya wortel. Wortel mampu mengurangi risiko nonalcoholic fatty liver atau perlemakan hati non-alkoholik dan liver toxicity.

Jamia Osmania, peneliti dari National Institute of Nutrition, India, melakukan riset dengan memberikan suplemen jus wortel pada tikus. Dia menemukan jus wortel mampu mengurangi lemak trigliserida dan asam lemak tak jenuh tunggal pada hati.

Meski riset baru dilakukan pada tikus, tetapi wortel jelas punya potensi untuk menyehatkan hati. Anda pun perlu mengonsumsi segelas jus wortel tiap dua hari sekali dan 128 g wortel matang tiap 2-3 hari sekali untuk hati sehat.

4.Bayam

Sayuran hijau termasuk bayam, kale dan sawi mengandung nutrisi penting buat kesehatan tubuh termasuk organ hati. Sayuran hijau dikenal sebagai sumber antioksidan yang baik sehingga mampu melawan radikal bebas.

Baca Juga :  Mahkamah Konstitusi Anggap Tuduhan Tim Anies dan Cak Imin cTidak Relevan : Ini Keputusan MK

Bayam jadi jenis sayuran yang mampu memberikan dampak kesehatan spesifik pada hati. Studi menemukan konsumsi bayam mentah mampu menurunkan risiko perlemakan hati non-alkoholik pada partisipan. Sementara itu pada bayam yang sudah dimasak tetap memberikan manfaat tetapi memang tidak sebesar bayam mentah.

5.Asparagus

Asparagus merupakan sumber vitamin A, C, E, K, asam folat, kolin, kalsium, magnesium, fosfor, potassium dan serat. Konsumsi asparagus ternyata baik untuk kesehatan hati.

Peneliti dari Jeju National University, Korea Selatan, menemukan batang dan daun asparagus muda mampu menekan pertumbuhan sel hepatoma (sel kanker hati) dan mengurangi stres oksidatif untuk melindungi sel hati.

6.Kol ungu

Meski tidak banyak digunakan sebagai bahan masakan, rupanya kubis ungu menyimpan manfaat kesehatan. Sayuran satu ini mampu melindungi hati. Studi pada tikus menunjukkan ekstrak kubis ungu bisa mengurangi gangguan hati akibat stres oksidatif.

Anda perlu sekitar 128 gr kubis ungu 2-3 kali seminggu. Kubis ungu bisa Anda gunakan sebagai campuran salad untuk sayuran yang bagus untuk hati.

Sumber : CNN Indonesia

Artikulli paraprakDampak Zonasi Dan Pandemi, SMP Swasta Sepi Siswa
Artikulli tjetër4 Pemain Timnas Indonesia Yang Berlaga di Luar Negeri