Beranda Kesehatan Dampak Keseringan Tidak Makan Siang Untuk Tubuh

Dampak Keseringan Tidak Makan Siang Untuk Tubuh

BOGOR, PUBLIKBICARA.COM – Mungkin banyak orang menganggap bahwa sarapan adalah waktu makan terpenting. Tetapi ternyata makan siang tak kalah penting. Seperti yang diungkap para ahli.

Banyak orang yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya, tanpa sengaja pernah meninggalkan makan siang. Entah itu karena lupa atau memang sulit untuk meluangkan waktu istirahat makan.

Sesibuk apapun seseorang, sebenarnya mereka tidak boleh melewatkan makan siang. Hal ini karena pentingnya mengisi perut di jam-jam tersebut.

Jen Bruning dari Academy of Nutrition and Dietetics mengungkap bahwa seseorang yang melewatkan makan siang akan lebih sulit untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya.

Sesibuk apapun, ia menyarankan makan siang tetap harus dilakukan untuk membuat tubuh tetap bersemangat sekaligus meningkatkan produktivitas kerja.

Untuk mengetahui alasan mengapa makan siang tidak boleh dilewatkan, berikut penjelasannya seperti dirangkum dari huffpost.com (28/07).

1.Pengaruh Tak Makan Siang untuk Tubuh
Para ahli mengungkapkan pentingnya makan siang.Bruning mengungkapkan bahwa seseorang yang sudah terbiasa meninggalkan makan siang, tubuhnya akan menyesuaikan diri dengan asupan bahan bakar yang lebih rendah.

Kesibukan menjadi alasan utama banyak orang melewatkan makan siang. Mungkin jika ini dilakukan sesekali bukan menjadi masalah. Tetapi bagaimana jika terlalu sering melewatkannya?

Bruning mengungkapkan bahwa seseorang yang sudah terbiasa meninggalkan makan siang, tubuhnya akan menyesuaikan diri dengan asupan bahan bakar yang lebih rendah. Tentu ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Baca Juga :  Berbagi Kebahagian di Atas Gelombang: Kado Sepesial Mayor Tedy di Kampung Nelayan Jakarta

Tubuh yang sudah terbiasa akan hal itu bisa mengakibatkan penurunan metabolisme dari waktu ke waktu hingga meningkatkan risiko kekurangan nutrisi. Dampak nantinya mungkin meningkatkan hasrat seseorang untuk mengonsumsi lebih banyak kalori di malam hari.

Tentunya makan terlalu banyak di malam hari jauh lebih berbahaya. Ini bisa menyebabkan gula darah dan insulin melonjak.

Tak hanya itu, seseorang yang melewatkan makan siang juga bisa menyebabkan dirinya memilih makanan yang kurang sehat pada waktu makan selanjutnya.

Dengan makan siang, tubuh bukan hanya akan lebih bersemangat, tetapi makanan yang diasup juga mungkin bisa mempengaruhi suasana hati, produktivitas, dan konsentrasi.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang membatasi makan siangnya lebih mungkin merasa cepat marah atau murung. Jika kamu memang ingin lebih bersemangat dan produktif, lebih baik untuk makan siang daripada harus melewatkannya.

2.Waktu yang Tepat Untuk Makan Siang
Para ahli mengungkapkan pentingnya makan siang.Bruning mengatakan, empat sampai lima jam setelah proses sarapan bekerja dalam tubuh, seseorang sudah bisa langsung makan siang. Foto: Getty Images
Tidak ada waktu tepat untuk makan siang. Tetapi Bruning mengatakan, empat sampai lima jam setelah proses sarapan bekerja dalam tubuh, seseorang sudah bisa langsung makan siang.
Mungkin ini bukan waktu ideal setiap orang, sehingga cobalah untuk memahami dan mendengarkan kondisi kebutuhan tubuh kapan harus makan siang.

Baca Juga :  Alarm Merah di Gunung Ruang: Status Dinaikkan Menjadi Level IV Awas

Sebagian orang juga suka makan siang di waktu menjelang sore. Jika kondisimu seperti ini, Bruning lebih merekomendasikan untuk makan camilan, daripada menunggu sampai waktu makan malam.

3.Makanan yang Harus Dimakan Saat Makan Siang
Para ahli mengungkapkan pentingnya makan siang.Hampir mirip dengan menu sarapan, ternyata makanan terbaik yang bisa dikonsumsi siang hari adalah makanan dengan nutrisi yang seimbang. Foto: Getty Images
Hampir mirip dengan menu sarapan, ternyata makanan terbaik yang bisa dikonsumsi siang hari adalah makanan dengan nutrisi yang seimbang.

Mulai dari karbohidrat kaya serat seperti kacang-kacangan, protein dan lemak, dan konsumsi lebih banyak buah dan sayur.

Dengan mengonsumsi makanan seperti itu, nantinya tubuh akan merasa kenyang lebih lama dan mencegah kelesuan di sore hari.

Tetapi perlu diingat, porsi makan siang tidak boleh terlalu banyak. Karena makanan yang berlebihan bisa menyebabkan rasa ngantuk dan merusak konsentrasi.

Jika melewatkan makan siang sudah menjadi kebiasaan, sepertinya kali ini kamu harus mulai makan siang secara teratur dan menyadari segala perbedaan yang terjadi.

Sumber : Detik

Artikulli paraprakPolisi Selidiki Kasus Beras Bansos Yang Dikubur di Depok, Bulog Diperiksa Penyidik Hari Ini
Artikulli tjetërCristiano Ronaldo Debat Dengan Erik Ten Hag, Debatin Apa, sih ?