Beranda Kesehatan 6 Sayuran Yang Bantu Netralkan Kadar Kolesterol Usai Santap Daging Kurban

6 Sayuran Yang Bantu Netralkan Kadar Kolesterol Usai Santap Daging Kurban

BOGOR, PUBLIKBICARA.COM – Warga Indonesia baru saja melaksanakan momen Idul Adha 1443 Hijriah, yang dirayakan dengan menyembelih dan saling membagikan daging hewan kurban sapi, kambing, dan domba. Salah satu yang kerap menjadi sorotan, yakni terkait kadar kolesterol tubuh melonjak imbas makan daging kurban.

Ahli gizi masyarakat, dr Tan Shot Yen, menegaskan pada dasarnya tidak ada antidot untuk asupan kolesterol yang terlanjur kebanyakan. Pasalnya, tubuh tidak bisa dimanipulasi dengan konsumsi obat-obatan tertentu.

“Tentu saja kalau ceritanya saya sudah ‘kadung’ makan daging, sudah kadung kalap makan sate 20 tusuk, ditambah sop kambing, ditambah tadi nyicipin gulai, nah satu hal yang perlu Anda pikirkan, yang namanya remedi atau kira-kira antidotnya apa ya? Nggak ada. Jujur ngomong nggak ada,” ujarnya dalam program e-Life, detikcom, Jumat (8/7/2022).

Alih-alih memikirkan cara instan untuk menurunkan kolesterol, dr Tan lebih menganjurkan langkah preventif berupa penerapan pola hidup sehat dan seimbang untuk mencegah lonjakan kadar kolesterol.

Salah satu cara lain yang bisa dilakukan untuk menekan kolesterol adalah dengan mengkonsumsi beberapa jenis sayur-sayuran yang dipercaya mampu menurunkan dan mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh, berikut ini 6 sayuran yang bisa kamu coba:

Baca Juga :  Warga Bergotong-royong Hadapi Amblasnya Jalan di Curug Bitung: Harapan Untuk Respons Pemerintah yang Terkesan Tutup Mata

1.Bayam
Menurut ahli diet Trista Best, bayam dipenuhi dengan serat yang berguna untuk mengeluarkan kolesterol dalam tubuh. Bayam juga penuh dengan vitamin, mineral, dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, terutama dalam hal mengelola kesehatan jantung.

“Serat dapat menurunkan kolesterol jahat yang beredar ke seluruh tubuh. Hal ini karena serat dan kolesterol akan saling menempel, sehingga dikeluarkan dari tubuh secara alami dan sekaligus menurunkan kolesterol,” ucapnya dikutip dari Eat This, Senin (11/7/2022).

2.Brokoli
Brokoli merupakan sayuran kaya gizi yang dipercaya mampu meningkatkan kesehatan jantung. Janet Coleman, ahli diet dari Consumer Mag, menyatakan bahwa brokoli adalah sayuran yang bagus untuk menurunkan kolesterol karena memiliki kadar serat dan vitamin C yang tinggi. Brokoli juga mengandung beta-karoten, yang membantu mencegah oksidasi kolesterol LDL (jenis jahat) dalam aliran darah.

Baca Juga :  Mengenal Huma Talun : Percontohannya Masih Bertahan di Baduy

3.Kacang Panjang
Kacang-kacangan merupakan salah satu sumber serat terbaik. Beberapa orang juga menggunakan kacang sebagai diet pengganti daging. Joan Salge Blake, profesor klinis di Boston University, menambahkan serat dalam jumlah besar mampu menurunkan kolesterol dan lemak jenuh.

“Anda akan menambahkan serat dalam jumlah besar, dan menurunkan asupan kolesterol dan lemak jenuh,” katanya.

4.Asparagus
Asparagus mengandung vitamin, mineral, serat, dan nutrisi lain yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Asparagus akan folat, asparagus juga membantu menurunkan kadar homosistein dalam tubuh, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan meningkatkan sirkulasi.

5.Kol
Kol memiliki zat yang disebut fitosterol yang dikenal juga sebagai sterol tumbuhan. Fitosterol berfungsi mengurangi kolesterol jahat dengan menghalangi penyerapan kolesterol di saluran pencernaan.

6.Daun Kemangi
Minyak esensial daun kemangi bisa membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida. Daun ini juga mengandung magnesium, yang dapat membantu meningkatkan aliran darah dengan membuat otot dan pembuluh darah menjadi rileks.

Sumber : Detik

Artikulli paraprakSri Mulyani : Pemerintah Punya Ribuan Aplikasi Tapi Semuanya Tidak Multifungsi
Artikulli tjetërResmi Jadi Pelatih Baru DC United, Rooney Bakal Ramaikan Persaingan di MLS