Beranda Nasional Gojeg di Bandung Ikut Partisipasi Tangani Sampah, Ridwan Kamil Berikan Apresiasi

Gojeg di Bandung Ikut Partisipasi Tangani Sampah, Ridwan Kamil Berikan Apresiasi

Bandung,Publikbicara.com – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengapresiasi peran Gojek Bandung, yang ikut berperan dalam menangani permasalahan sampah di Bandung Raya, diantaranya melalui kompetisi School Creative Hub 2022. Hal itu disampaikannya ketika menjadi pemateri “Bincang Inspiratif School Creative Hub Bersama Gubernur”, secara hybrid, Jabar, Kamis (23/6/2022).

 

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Apa yang dilakukan Gojek ke depan harus terus dilakukan,” katanya.

 

School Creative Hub 2022 merupakan kompetisi akbar yang dipersembahkan Gojek Bandung bagi para para pelajar SMP, SMA/sederajat di Bandung Raya. Para siswa diharapkan bisa lebih kreatif, proaktif, dan peka terhadap isu-isu yang ada di Bandung, khususnya terkait penanganan sampah.

 

Kang Emil, biasa ia disebut mengatakan, upaya pengelolaan sampah harus ditanamkan sejak dini melalui siswa SMP, SMA, dan SMK, dengan harapan dapat menjadi kebiasaan baik yang akan terus diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat.

Baca Juga :  Mahkamah Konstitusi Anggap Tuduhan Tim Anies dan Cak Imin cTidak Relevan : Ini Keputusan MK

 

Apalagi seiring pertambahan jumlah penduduk, perubahan pola konsumsi masyarakat, dan pandemi Covid-19 membuat sampah di Jabar makin bertambah. Untuk itu, kata Kang Emil, peran swasta seperti yang dilakukan Gojek sangat bermanfaat untuk membantu mengurangi volume sampah.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat Prima Mayaningtias menambahkan, program yang digagas Gojek ini diharapkan bisa merubah mindset masyarakat agar mengelola sampah sejak dari sumber, sehingga nantinya, sampah yang dibuang ke TPA hanya tinggal residunya saja.

 

“Perubahan mindset masyarakat dari hulu ke hilir sangat dibutuhkan sekali. Kami menyambut baik program Gojek ini, dan mudah-mudahan semuanya bisa berpartisipasi,” kata Prima.

Baca Juga :  Ketika Politisi Bertemu: Momen Tak Terduga antara Elly Rachmat Yasin dan Jaro Ade di Bogor Timbulkan Banyak Spekulasi

 

Ia berharap ke depan, program yang digagas Gojek ini tidak hanya dilakukan di wilayah aglomerasi Bandung Raya saja. Tapi sebarannya bisa meluas ke wilayah lain di Jawa Barat, sehingga bisa merangsang masyarakat untuk melakukan pengolahan sampah sejak dari sumber.

 

Kemudian yang terpenting lagi, lanjut Prima, sampah ini bisa memiliki nilai ekonomi. Ia mencontohkan, sampah yang dikumpulkan dari sekolah dimasjkan ke bank sampah yang kemudian diolah kembi menjadi produk yang memiliki nilai ekonomi.

 

“Jadi nanti sampah bukan hanya buangan yang tidak bermanfaat,” tandasnya.

 

Kompetisi School Creative Hub 2022 dengan tema “Passion to Action” sudah dimulai. Berikut jadwalnya:

 

 

 

Sumber:suara.com

 

Artikulli paraprakIbu dan Anak Jadi Korban Penusukan di Bekasi, Begini Kronologinya
Artikulli tjetërPasca Banjir dan Tanah Longsor Cibunian, IKIAD Kabupaten Bogor Pulihkan Trauma Anak