Beranda Daerah Mensos Tri Riamaharani Kunjungi Lokasi Bencana Longsor di Pamijahan Bogor

Mensos Tri Riamaharani Kunjungi Lokasi Bencana Longsor di Pamijahan Bogor

Bogor, Publikbicara.comMenteri Sosial Tri Rismaharini mendatangi lokasi bencana longsor di Kampung Muara, Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, pada Jumat 24 Juni 2022 malam. Selain memberikan bantuan berupa uang tunai, ada sandang pangan dan sembako.

Kami akan evaluasi seluruh, dan akan komunikasi dengan badan geologi dibawah kementrian ESDM, dan BMKG supaya dapat melihat kondisinya seperti apa di kawasan ini,” kata Menteri Sosial Tri Rismaharini kepada wartawan usai meninjau lokasi longsor di Kampung Muara.

Mentri Sosial Tri Rismaharani saat mengunjungi dapur umum di Desa Cibunian, Kecamatan Pamijaha Kabupaten Bogor pada, Jumat (24/6/2022). Fahri/Publikbicara.com
Mentri Sosial Tri Rismaharani saat mengunjungi dapur umum di Desa Cibunian, Kecamatan Pamijaha Kabupaten Bogor pada, Jumat (24/6/2022). Fahri/Publikbicara.com

Selain itu, dia menjelaskan pihaknya akan melakukan mitigasi terlebih dahulu. karena tidak bisa memutuskan secara cepat. Karena, rumah yang terjadi kali ini adalah relokasi juga.

Baca Juga :  Nama Ajat Jatnika, Asnan, dan Irwan Mencuat Jadi Kandidat Kuat Sekda Kabupaten Bogor

Karena itu harus dievaluasi secara menyeluruh sebelum mengambil keputusan, sebaiknya memang harus ada kajian-kajian soal itu,” kata Risma.

Ketika ditanyai rencana relokasi bagi warga yang terdampak, ia mengaku bisa saja terjadi, cuma harus dilihat kondisi lokasinya bahwa itu aman betul.

“Kalau dari kami membantu selama masih ada pengungsian itu masih ada, kita akan bantu terus. Cuma kan tidak bisa selamanya seperti ini. Karena itu tadi, langkah yang berikutnya,” ucapnya.

Baca Juga :  Kegaduhan di Pelabuhan Sorong: TNI AL dan Brimob Bentrok, Begini Kronologinya! 

Lebih lanjut ia menuturkan memang wilayah di Kabupaten Bogor rawan longsor, makanya akan disampaikan, sekaligus dievaluasi secara menyeluruh kawasan-kawasan ini.

“Untuk pengungsi nanti kan ada pendataan dulu. Sekarang pertolongan pertama dulu dan menyiapkan supaya mereka nanti juga ada pendampingan pengembalian psikologisnya,” jelasnya.

Setelah itu baru akan melakukan pendataan. Karena, saat ini masih ada pencarian korban oleh SAR dan tim lainnya.

“Jadi tidak bisa semua serta-merta, karena kondisinya beda. Kondisinya tidak normal gitu jadi memang harus bertahap,” katanya. (Fex/Zikri)

Artikulli paraprakLongsor di Pamijahan Bogor, Proses Pencarian Korban Terkendala Cuaca
Artikulli tjetërCerita Euis Selamat dari Bencana Banjir Bandang dan Tanah Longsor di Cibunian Pamijahan, Firasat Bapaknya Benar