Beranda Kuliner & Wisata Usai Pandemi, Sandiaga Uno Yakini Desa Wisata Akan Semakin Digandrungi

Usai Pandemi, Sandiaga Uno Yakini Desa Wisata Akan Semakin Digandrungi

Bogor,Publikbicara.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meyakini desa wisata semakin digandrungi setelah pandemi usai, seiring dengan perubahan tren preferensi berwisata di tengah COVID-19.

 

“Kami meyakini bahwa Desa Wisata akan menjadi ‘pandemic winner’ dari sektor pariwisata,” kata Sandiaga Uno, Selasa (21/6/2022).

 

Ia menuturkan wisatawan pascapandemi COVID-19 lebih berorientasi pada daya tarik wisata yang lebih personalize, customize, localize, dan smaller in size. Sandiaga mencatat ada adanya kenaikan kunjungan di desa-desa wisata selama tahun 2021.

 

Menurut Sandiaga, pengembangan desa wisata didukung juga dari aspek akomodasi lokal alias homestay yang berperan memberikan pengalaman menyenangkan untuk wisatawan.

Baca Juga :  Artis Asal Israel Gal Gadot Jadi Sorotan: Karier dan Perjalanannya di Dunia Artis

 

Faktor kebersihan dan kenyamanan pun menjadi sebuah prioritas yang harus disediakan oleh pemilik homestay yang didominasi oleh penduduk lokal.

 

Peran serta semua pihak dibutuhkan, termasuk juga masyarakat di daerah setempat dengan cara turut menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan di desa wisata.

 

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berkolaborasi dengan sejumlah pihak swasta sebagai upaya untuk mewujudkan Desa Wisata yang Bersih, Sehat, Aman, dan Lestari.

 

“Kami sangat menghargai upaya swasta melalui Kolaborasi Sinergis ini dengan mendukung pengembangan Desa Wisata dari sisi kesehatan dan kebersihan lingkungan yang tentunya sesuai dengan situasi serta kebutuhan yang dibutuhkan oleh desa-desa wisata sehingga sektor pariwisata dapat kembali bangkit dan bertumbuh.”

Baca Juga :  Dapat Titipan dari Prabowo: Puluhan Sapi Disalurkan Rudy Susmanto Untuk Warga se Kecamatan Babakan Madang Bogor

 

Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf Henky Hotma Parlindungan Manurung mengapresiasi upaya perusahaan yang bekerjasama dengan Kemenparekraf dalam berpartisipasi mewujudkan Desa Wisata yang Bersih, Sehat, Aman, dan Lestari.

 

Kolaborasi ini diharap Henky dapat membantu meningkatkan faktor kebersihan di setiap homestay dan menjadi standard baru sehingga homestay lebih bersih dan nyaman.

 

“Desa wisatanya berkembang dan tentu saja akan diikuti oleh potensi peningkatan pendapatan ekonomi bagi penduduk lokal pemilik homestay serta masyarakat luas di desa wisata tersebut,” kata Henky. [Antara]

 

 

Sumber:suara.com

Artikulli paraprakKasus Covid-19 Di Jabar naik, Ridwan Kamil: Tidak Terlalu Dikhawatirkan Karena Kita Punya Kekebalan Se-Indonesia
Artikulli tjetërHarga Minyak Goreng Curah Di Kota Bogor Turun, Akibat Stok Yang Melimpah