Keutamaan Puasa Arafah Bisa Dapat Hapus Dosa 2 Tahun

Berita Populer

- Advertisement -

Jakarta, PUBLIKBICARA.COM – Puasa Arafah adalah puasa yang dikerjakan pada 9 Zulhijah. Salah satu keutamaan puasa Arafah adalah dapat menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.

Hal ini termaktub dalam hadits riwayat Muslim sebagaimana dijelaskan Imam an-Nawawi dalam Kitab Riyadhush Shalihin.

Dari Abu Qatadah RA berkata, “Rasulullah SAW pernah ditanya mengenai puasa Arafah, maka beliau menjawab, ‘Puasa tersebut dapat menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.”

- Advertisement -

Imam Muslim juga meriwayatkan mengenai puasa sunnah yang dapat menghapuskan dosa setahun yang telah lalu selain puasa Arafah. Puasa tersebut adalah Asyura.

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

Artinya: “Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyura (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.”

- Advertisement -

Dalam hadits Bukhari dan Muslim dari jalur Ibnu Abbas RA, ia berkata bahwasannya Rasulullah SAW berpuasa pada hari Asyura’ dan memerintahkan umatnya supaya berpuasa pada hari tersebut.

Baca Juga :  Longsor di Pamijahan Bogor, Proses Pencarian Korban Terkendala Cuaca

Selain dapat menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang, Allah SWT akan membebaskan lebih banyak hamba-Nya dari api neraka pada hari Arafah. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

“Tidak ada hari yang Allah membebaskan hamba-hamba dari api neraka lebih banyak daripada pada hari Arafah,” (HR Muslim).

- Advertisement -

Keutamaan puasa Arafah ini juga dijelaskan Imam Al Ghazali dalam Kitab Ihya Ulumuddin melalui sebuah riwayat Bukhari dari Ibnu Abbas. Rasulullah SAW bersabda:

“‘Tiada ada hari yang amal sholeh, lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari yang sepuluh ini (10 hari pertama bulan Zulhijah).’ Sesungguhnya berpuasa satu hari di dalamnya membandingi berpuasa satu tahun. Melakukan sholat malam di dalamnya membandingi sholat malam pada malam Lailatul Qadar. Salah seorang sahabat bertanya ‘Apakah lebih baik daripada jihad fii sabiilillaah?’ Beliau bersabda, ‘Iya. Lebih baik daripada jihad fii sabiilillaah, kecuali seseorang yang keluar berjihad dengan harta dan jiwa raganya kemudian dia tidak pernah kembali lagi (mati syahid)'”.

Baca Juga :  Kader PKB dan Gerindra Bergabung Rapatkan Barisan Untuk Memenangkan Pemilu 2024

Selain berpuasa pada hari Arafah, Rasulullah SAW juga biasa berpuasa selama sembilan hari pertama di bulan Zulhijah.

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَصُومُ تِسْعَ ذِى الْحِجَّةِ وَيَوْمَ عَاشُورَاءَ وَثَلاَثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ أَوَّلَ اثْنَيْنِ مِنَ الشَّهْرِ وَالْخَمِيسَ

Artinya: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal Zulhijah, pada hari Asyura (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya, awal bulan di hari Senin dan Kamis.” (HR Bukhari).

Kapan Puasa Arafah 2022?
Puasa Arafah dilaksanakan pada tanggal 9 Zulhijah. Menurut Maklumat Muhammadiyah tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1443 Hijriah, 9 Zulhijah jatuh pada hari Jumat Kliwon (8/7/2022), sehingga puasa Arafah dilaksanakan tanggal 8 Juli 2022.

Sementara itu, pemerintah baru akan menggelar sidang isbat untuk menentukan awal Zulhijah 1443 H pada Rabu, 29 Juni 2022 mendatang. Dengan demikian, jadwal puasa Arafah menurut pemerintah akan diketahui setelah sidang isbat berlangsung.

Niat Puasa Arafah
نويتُ صومَ عرفة سُنّةً لله تعالى

Arab latin: Nawaitu shauma arafata sunnatan lillahi ta’ala

Sumber :Detik

- Advertisement -

Tinggalkan Balasan

Bogor
broken clouds
31.9 ° C
31.9 °
31.9 °
60 %
1.2kmh
68 %
Jum
29 °
Sab
31 °
Ming
30 °
Sen
31 °
Sel
31 °

Berita terbaru

Gojeg di Bandung Ikut Partisipasi Tangani Sampah, Ridwan Kamil Berikan Apresiasi

Bandung,Publikbicara.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengapresiasi peran Gojek Bandung, yang ikut berperan dalam menangani permasalahan sampah di...

Berita Terkait
publikbicara.com