Beranda Daerah Sungai Cikalong di Cigudeg Bogor Meluap Membuat Warga Cemas

Sungai Cikalong di Cigudeg Bogor Meluap Membuat Warga Cemas

Bogor, Publikbicara.com – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor sebabkan meluapnya alira sungai Cikalong di Desa Mekarjaya pada Kamis 09 Juni 2022 siang sekira pukul 13.20 WIB membuat warga sekitar merasa cemas.

Diungkapkan, Warga sekitar Roni (38) mengatakan, hujan deras sekira pukul 13.20 WIB tersebut sebabkan meluapnya aliran sungai cikalong hingga nyaris masuk ke pemukiman warga.

“Hujan lebat dan ada kemungkinan dihulu hujannya masih deras sekitar 50 centi meter lagi air nyaris masuk ke area pemukiman warga,” kata Roni kepada wartawan.

Pria yang akrab disapa Baron itu menyebut, adanya kemungkinan hujan di hulu berpotensi sebabkan banjir dan membuat warga sekitar cemas.

Baca Juga :  Akibat Tertukarnya Kertas Suara Pileg: Sejumlah TPS Harus Melakukan Pemungutan Suara Lanjutan

“Itu (Banjir) yang kami khawatirkan. Warga yang rumahnya ada dipinggir kali mengkhawatirkan air terus meluap dan berpotensi masuk ke pemukiman warga,” kata Baron.

Senada dengan Baron, warga lain Sumitra (29) mengaku cemas. Pasalnya, rumah yang ia tempati bersama keluarga sangat dekat dengan aliran sungai cikalong tersebut, tak jarang saat hujan turun dirinya harus ekstra waspada.

“Kalau hujan keluarga sangat takut, apalagi ada anak kecil, kita sebagai orang tua harus siaga saat hujan,” kata Sumitra.

Sumitra menyampaikan harapannya kepada pemerintah untuk dibuatkan Tembok Penahan Tanah (TPT) di aliran sungai cikalong tersebut, agar warga tidak di hantui rasa cemas.

Baca Juga :  Tabligh Akbar Bersama Mulana Al Habib Muhammad Luthfi di Ponpes Nur Azkia, Yuk Hadir

“Semoga bisa dibangun tebing penahan di aliran sungai Cikalong, soalnya kalo banjir melebar kemana mana ,bukan rumah saja yang kena banjir , tapi ladang persawahan juga kena, dan terancam Gagal panen,” harapnya.

Sementara itu, Anggota BPD Mekarjaya Ilham Ariansyah membenarkan kejadian tersebut. Bahkan, dirinya berharap pihak terkait dapat segera membangun TPT di aliran sungai Cikalong tersebut.

“Agar pihak terkait dapat segera membangun TPT, dulu sempat dibangun TPT hanya saja belum sampai ke area pemukiman warga di Kampung Cikalong RT 01 RW 03 tersebut,” ujarnya. (Fex)

Artikulli paraprakPernikahan Usia Dini di Wilayah Kecamatan Cigudeg Capai 50 Persen, Suharti: Maaf Saya Salah Sampaikan Informasi
Artikulli tjetërViral , Pertandingan Sepakbola Ricuh