Beranda Daerah TPT Ambrol Dua Bangunan SDN Cengal Sirna Jebol

TPT Ambrol Dua Bangunan SDN Cengal Sirna Jebol

Bogor, Publikbicara.com – Tingginya curah hujan di wilayah Kecamatan Leuwiliang sebabkan Tembok Penahan Tanah (TPT) milik Yayasan Mazro Atussibyan ambrol pada Minggu malam sekira pukul 18.30 WIB.

Ambrolnya TPT tersebut berimbas pada jebolnya tembok bangunan dua ruang kelas milik SDN Cengal Sirna, Desa Karacak, Kecamatan Leuwiliang.

Dari pantauan di lokasi kejadian pada, Senin 06 Juni 2022, tampak, beberapa anggota organisasi masyarakat (Ormas) Pemuda Pancasila (PP), Babinsa Desa Karacak, Satpol PP Kecamatan Leuwiliang, unsur Pemerintah Desa (Pemdes) Karacak dibantu warga membersihkan material lumpur, puing-puing, bangku hingga buku milik SDN Cengal Sirna.

“Saat ini sedang dilakukan pembersihan material longsor yang menimpa dua ruang kelas 1 dan 2 dibantu warga sekitar,” kata Kepala Sekolah SDN Cengal Sirna Titin Sumartini ketika ditemui wartawan, Senin (06/06/2022).

Saat ini, Titim mengatakan, untuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dipindahkan sementara ke bangunan lain yang lebih aman.

Baca Juga :  Kebijakan PPN Naik 12%! Berikut Daftar Barang dan Jasa yang Tidak Terdampak : Kebutuhan Dasar Masyarakat Aman

“Alhamdulilah ketika kejadian memang jelang magrib dan tak ada kegiatan belajar, tapi murid dipindahkan dulu ke bangunan milik madrasah,” jelasnya.

Titim mengaku, ambrolnya TPT karena curah hujan cukup tinggi dan memang tembok yang menimpa dua ruangan kelas masih baru.

“Kalau bangunan SDN Cengal Sirna sudah lama, yang baru itu TPT dan bangunan milik yayasan Mazro Atussibyan sekitar bulan Desember tahun lalu,” ucapnya.

Bahkan, pihak sekolah juga sudah melaporkan kejadian ini ke Dinas Pendidikan agar segera dilakukan perbaikan supaya kegiatan belajar kembali normal.

“Sudah dilaporkan, dan pihak yayasan juga mau bertanggungjawab kejadian yang menimpa bangunan SDN milik kami,” kata Titim.

Lebih lanjut Titim mengungkapkan, untuk mengantisipasi longsor susulan, semua kelas dan kegiatan belajar dipindahkan ke bangunan milik madrasah Yayasan Mazro Atussibyan.

Baca Juga :  Demam Berdarah Dengue (DBD) Gemparkan Ciamis dan Cimahi: Tragedi Kesehatan di Jawa Barat

“Yang jelas saat ini semua murid kami pindahkan dulu, khawatir ada longsor susulan. Karena, sekarang masih dilakukan pembersihan dan pemindahan meja dan kursi,” ungkapnya.

Sementara perwakilan Yayasan Sekolah Mts Mazro Atussibyan, Subhan menuturkan, pihaknya bakal bertanggungjawab kejadian ini yang menimpa bangunan milik SDN Cengal Sirna.

“Memang untuk TPT baru selesai dibangun sekitar bulan Januari 2022, kalau ruangan kelas Desember 2021Tapi intinya kami bakal bertanggungjawab sepenuhnya,” tuturnya.

Dirinya menambahkan, untuk panjang tembok penahan tanah (TPT) yang ambrol sekitar 11 meter dan tinggi sekitar tiga meter, dan posisinya tepat berada dibelakang gedung SDN Cengal Sirna.

“Lokasinya berdekatan dengan SDN Cengal Sirna dan memang kami membangun ruang kelas masih baru,” tutupnya. (Fex/Zikri)

Artikulli paraprakTPT Ambrol Timpa Dua Bangunan SDN Cengal Sirna, Babinsa Karacak Bantu Bersihkan Material Longsor
Artikulli tjetërKadis Disdukcapil : Jangan Ada Pungli KTP di Kecamatan