Beranda Kesehatan Ada 7 Macam Makanan Dapat Mencegah Asam Lambung

Ada 7 Macam Makanan Dapat Mencegah Asam Lambung

Publikbicara.com – Refluks asam lambung merupakan salah satu penyakit yang kerap diderita manusia akibat naiknya asam di lambung ke kerongkongan.

Beberapa gejala asm lambung diantaranya adalah rasa panas di dada, pahit di kerongkongan, sampai rasa kembung akibat terlalu banyaknya gas di dalam perut.

Dilansir dari  laman hopkinsmedicine.org makanan dengan kandungan lemak dan garam yang tinggi, serta rasa pedas yang terlalu ekstrim wajib untuk dihindari supaya asam lambung tidak semakin parah.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 7 makanan ampuh untuk mencegah asam lambung

  1. Kentang

Kentang merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Salah satu manfaat kentang untuk penderita asam lambung adalah menguragi gejala panas di dada.

Selain kentang, umbi-umbian lain juga baik untuk kesehatan lambung, kecuali jenis bawang-bawangan.

  1. Biji karom
Baca Juga :  Timnas Indonesia U-23 Hadapi Raksasa Uzbekistan di Panggung Piala Asia U-23 2024: Berikut Ulasannya

Biji karom atau ajwain merupakan salah satu jenis rempah India. Rempah yang kerap ditemukan di masakan india ini dapat menjadi obat alami masalah refluks asam lambung dengan kandungan enzim aktif dan timbol biokimia. Caranya, cukup rendam satu sendok the ajwain dengan segelas air selama semalam untuk kemudian diminum keesokan harinya.

  1. Jahe

Sifat anti-inflamasi pada jahe dapat meredakan gangguan pada lambung, salah satunya rasa mulas.

Selain itu, jahe juga dapat mengurangi asam lambung yang mengalir menuju kerongkongan serta menenangkan perut. Cara mengkonsumi jahe pun mudah, karena dapat dicampur dalam secangkir teh.

  1. Semangka

Dilansir dari laman webmd.com, buah berwarna merah satu ini memiliki kandungan asam yang rendah, sehingga baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Selain itu, kandungan air yang tinggi pada semangka juga dipercaya mampu mencegah kenaikan asam lambung.

  1. Daun kemangi
Baca Juga :  Anggota DPRD Kabupaten Bogor Sambangi Korban Bencana Alam di Sukajaya. Aan Triana: Kita Berharap DPKPP Segera Turun Tangan

Daun yang kerap dijadikan lalapan satu ini, rupanya cukup ampuh untuk meredakan rasa terbakar akibat asam lambung yang terlalu tinggi.

Selain dapat dimakan secara langsung, daun kemangi juga dapat dikonsumsi dengan merendamnya ke dalam segelas air untuk diminum secara teratur.

  1. Pisang

Tingginya kandungan potasium pada pisang dipercaya ampuh untuk melawan kenaikan asam lambung. Selain itu, pisang juga dapat mencegah rasa mulas, dan gejala sakit lambung lainnya.

Namun perlu diingat, pilihlah pisang yang sudah matang, karena pisang yang belum matang justru akan menaikkan asam lambung.

  1. Timun

Sifat basa pada timun, tentu dapat melawan tingginya asam lambung. Selain itu, buah rendah lemak satu ini juga dapat meminimalisir risiko sakit lambung lainnya.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Sumber : Suara.com

Artikulli paraprakInfinix Hot 11S NFC Hadir Dengan Harga Rp 2 Jutaan
Artikulli tjetërPoco M4 Pro 5G Telah Liris