25.4 C
Bogor
Selasa, 7 Desember 2021

Ingin Pohon Mangga Berbuah Lebat? Berikut Caranya !

Berita Populer

- Advertisement -

JAKARTA – Merawat pohon mangga memerlukan keahlian khusus. Banyak orang yang menginginkan untuk memiliki pohon mangga yang berbuah lebat. Permasalahan yang dihadapi banyak yang tidak mengerti menanam pohon mangga yang berbunga dan banyak bunganya yang rontok.

Buah mangga memiliki manfaat yang sangat banyak. Buah mangga mengandung vitamin, serat dan juga mineral yang baik untuk kesehatan. Dengan memiliki pohon mangga di rumah tentu saat panen kita akan mendapatkan hasil tanpa repot membeli buah ke pasar.

Mengenal Beberapa Jenis Pohon Mangga Arumanis, Golek, dan Gedong
Di Indonesia, pohon mangga yang banyak ditanam adalah mangga arumanis, golek, gedong, manalagi dan cengkir dan Mangifera foetida yaitu kemang dan kweni.

- Advertisement -

Jenis Pohon Mangga dan Penjelasannya
1.Mangga Arumanis

Mangga arumanis adalah mangga yang sering ditemukan di Indonesia. Mangga ini berasal dari Probolinggo. Mangga arumanis memiliki ciri berbentuk lonjong dan ujung meruncing.

Buah dari pohon mangga jenis ini memiliki aroma harum dan rasanya manis dengan tekstur dagingnya lembut dan tahan lama.

- Advertisement -

2.Mangga Golek

Buah dari pohon mangga golek memiliki bentuk lonjong dengan rasa manis dan tekstur buahnya tidak berserat. Mangga golek sering dicari sebagai mangga lokal yang unggul.

Mangga ini berasal dari Probolinggo, Indramayu, dan Pasuruan.

- Advertisement -

3.Mangga Gedong

Mangga Gedong adalah mangga yang berasal dari Cirebon dan memiliki buah berwarna kuning kemerahan. Ukuran buah mangga ini kecil dan lonjong.

Mangga gedong juga berasal dari Indramayu dengan rasa yang lebih manis.

Baca Juga :  Terlalu Gemuk Eselon Tiga dan Empat Bakal Dihapus di Setiap Daerah

4.Mangga Manalagi

Mangga manalagi adalah mangga yang memiliki rasa perpaduan antara arumanis dan golek. Pohon mangga manalagi memiliki ukuran buah yang lebih kecil dibanding mangga golek.

Daging dari mangga manalagi memiliki daging yang tebal, padat, dan berserat.

Cara Merawat Pohon Mangga
Berikut adalah cara merawat pohon mangga hingga dapat berbuah lebat. Penjelasan di bawah dikutip dari laman resmi Provinsi Jogja:

1.Menanam Dua Pohon Mangga

Pohon mangga adalah tanaman yang penyerbukannya dilakukan pada siang hari. Jika hanya ada satu pohon mangga di lingkungan rumah, maka bunga akan rontok dan tidak terjadi proses penyerbukan.

Selain itu juga perlu mengenali penyebab utama rontoknya bunga, sehingga kita akan menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut.

2.Memberikan Pupuk dan Nutrisi

Unsur hara sangat diperlukan untuk pertumbuhan pohon mangga apalagi jika pohon mangga tersebut memasuki masa pembungaan. Oleh karena itu pemberian pupuk dan nutrisi yang tepat perlu diberikan kepada mangga yang sedang berbunga.

Suplemen tersebut juga berguna untuk meminimalisir kerontokan bunga dan meningkatkan jumlah buah yang dapat dipanen.

3.Mencegah Wereng

Mencegah wereng dapat dilakukan dengan memeriksa ujung bunga dalam tanaman hama. Gunakan pestisida dengan jenis dan dosis yang tepat.

4.Mencegah Lalat Buah

Lalat buah datang saat putih buah mangga muncul. Hama tersebut menghisap sari makanan dan meninggalkan jejak berupa jamur yang akan membuat buah rentan menguning, busuk dan kemudian akan menjadi rontok.

Baca Juga :  Pemdes Cibuntu Bakal Terapkan Larangan Merokok Dalam Rumah

Solusi mencegah lalat buah dapat dengan menggunakan Yellow Trap dengan memasang batang pisang yang berlumur oli.

Cara Panen

1.Ciri dan Umur Panen

Pohon mangga yang dicangkok akan berbuah pada umur 4 tahun. Sedangkan mangga okulasi akan panen pada umur 5-6 tahun. Banyaknya buah panen pertama hanya 10-15 buah, pada tahun ke 10 jumlah buah dapat mencapai 300-500 buah/pohon. Panen besar biasanya jatuh di bulan September-Oktober.

Buah dapat dipanen apabila ada yang jatuh karena matang satu buah per pohon. Buah yang dipetik juga buah yang masih keras.

2.Cara Memanen

Saat memetik buah, buah tidak boleh sampai terpotong, tercongkel atau jatuh sampai memar. Sebaiknya buah dipetik pada sore hari dengan menggunakan pisau tajam maupun galah yang ujungnya terdapat pisau dan keranjang penampung buah.

3.Periode Panen

Pohon mangga dapat berbunga satu tahun sekali sehingga panen dapat dilaksanakan dalam satu pohon. Dalam satu pohon, buah tidak akan masak bersamaan sehingga harus dilakukan beberapa kali panen.

4.Perkiraan Produksi

Pohon muda okulasi dapat menghasilkan 50-100 buah/ tahun. Angka itu akan meningkat sampai 300-500 buah pada umur 10 tahun, kemudian 1000 buah pada umur 15 tahun, dan 2.000 buah pada waktu produksi maksimum di umur 20 tahun.

Demikianlah penjelasan mengenai pohon mangga. Jadi detikers apa ada yang tertarik menanam pohon mangga?

Sumber :Detik

- Advertisement -

Tinggalkan Balasan

Bogor
scattered clouds
25.4 ° C
25.5 °
24 °
90 %
1.4kmh
42 %
Sel
25 °
Rab
29 °
Kam
30 °
Jum
30 °
Sab
32 °

Berita terbaru

Gerakan Sosial BEM STKIP, Berbagi Beras Ke Ponpes dan Panti Asuhan

Bogor, Publikbicara.com - BEM STKIP Muhammadiyah Bogor lakukan aksi sosial dengan membagokam beras ke pondok pesantren dan panti...

Berita Terkait
publikbicara.com