Beranda News Google Punya Cara Untuk Mengetahui Warga Ikuti Saran Pemerintah Atau Tidak Soal...

Google Punya Cara Untuk Mengetahui Warga Ikuti Saran Pemerintah Atau Tidak Soal Pandemi Corona

Jakarta – Pandemi corona membuat banyak pemerintah di berbagai negara menyarankan warganya untuk tidak keluar rumah, bahkan ada yang sampai melakukan karantina wilayah. Nah, Google ingin membantu pemerintah untuk mengetahui apakah saran tersebut diikuti oleh warganya.

Caranya adalah dengan merilis COVID-19 Community Mobility Reports, yang merupakan laporan pergerakan, yang datanya dikumpulkan dari data lokasi di ponsel milik pengguna, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (3/4/2020).

Perlu diingat, laporan ini hanya dikumpulkan dari pengguna yang memilih untuk ‘menyerahkan’ location history-nya ke Google. Lalu datanya pun merupakan hasil kumulatif dan dibandingkan dengan data lokasi pada akhir Januari lalu.

Maksudnya kumulatif di sini adalah Google hanya memperlihatkan penurunan dan peningkatan jumlah orang yang berada di lokasi-lokasi tertentu, seperti tempat pertokoan, restoran, apotek, taman, stasiun/halte untuk transportasi publik, dan perumahan.

Baca Juga :  Operasi Senyap di Kabupaten Bogor: Ungkap Jaringan Narkoba dan Senjata Rakitan

“Di Google Maps, kami menggunakan data agregasi dan anonim untuk menunjukkan seberapa penuh sebuah tempat, untuk membantu mengidentifikasi kapan sebuah tempat itu paling penuh. Kami mendengar data semacam ini bisa membantu petugas medis untuk memerangi COVID-19,” tulis Google dalam postingan blognya.

Untuk di Indonesia misalnya, pada laporan tertanggal 29 Maret lalu, terjadi penurunan sebesar 47% di pertokoan, restoran, dan sejenisnya. Lalu di tempat transportasi umum, penurunan yang terjadi adalah 54%, dan penurunan pergerakan pengguna di tempat kerja adalah 15%. Sementara ada peningkatan pergerakan sebesar 15% di area perumahan.

Baca Juga :  Desa Curug Sambut Panen Perdana Jagung Hibrida C 21 Dalam Upaya Ketahanan Pangan : Ini Kata Babinsa Sertu Rusman

COVID-19 Community Mobility Reports GoogleCOVID-19 Community Mobility Reports Google Foto: Screenshot
COVID-19 Community Mobility Reports GoogleCOVID-19 Community Mobility Reports Google Foto: Screenshot
Laporan ini adalah jawaban Google untuk permintaan dari banyak pemerintahan untuk membantu menghadapi penyebaran virus corona. Dalam hal ini adalah data pergerakan pengguna.

Google pun mengaku tengah mempertimbangkan data lokasinya untuk memperlihatkan seberapa penuh sebuah rumah sakit atau fasilitas medis lainnya. Namun data lokasi dari Google ini memang tak bisa membedakan antara pekerja medis, pasien, ataupun pengunjung. Jadi mungkin data ini tak terlalu berguna.

COVID-19 Community Mobility Reports ini adalah bagian dari laman khusus COVID-19 milik Google dan bisa diakses di sini. https://www.google.com/covid19/mobility/

Sumber:Detik.com

Artikulli paraprakAnang Tutup Sementara Gerai Usaha Yang Dimilikinya
Artikulli tjetërAnggaran Sebesar 457 Milyar Digelontorkan Pemkab Bogor Untuk Penanganan COVID-19