Beranda News Mitologi Sapi Menurut Orang Sunda di Bogor: Cerita di Balik Kebudayaan yang...

Mitologi Sapi Menurut Orang Sunda di Bogor: Cerita di Balik Kebudayaan yang Jarang Diketahui Orang

Publikbicara.com – Mitologi, sebuah bidang ilmu yang mengeksplorasi cerita dan kepercayaan suci tentang beragam hal.

Cerita dalam Mitologi identik dengan cerita dewa-dewi dan makhluk halus.

Di mana, cerita Mitologi tersebut enawarkan jendela yang menakjubkan ke dalam budaya dan sejarah manusia.

Berbeda dengan cerita rakyat atau legenda biasa, Mitologi sering kali menyajikan kisah-kisah epik tentang penciptaan dunia dan asal-usul bangsa.

Baca Juga :  Dihari yang Cerah Sungai Cikaniki Nanggung Kembali Keruh: Aksi Satgas CRC Sebelumnya Terkesan Biasa Pada Kelestarian.

Menggambarkan bagaimana masyarakat melihat dan memahami kehidupan serta alam semesta.

Di setiap kebudayaan, Mitologi memainkan peran penting dalam membentuk identitas dan keyakinan.

Dari dewa-dewa Yunani yang berkuasa hingga roh-roh penjaga dalam kepercayaan lokal.

Dan setiap mitologi memberikan gambaran unik tentang pandangan dunia suatu masyarakat.

Baca Juga :  Dihari yang Cerah Sungai Cikaniki Nanggung Kembali Keruh: Aksi Satgas CRC Sebelumnya Terkesan Biasa Pada Kelestarian.

Seperti Mitologi Sapi, dari sudut pandang orang Sunda di Bogor. Beriut ulasannya.

Seperti mana Mitologi budaya Hindu, Yunani, dan lainya, Mitologi Sapi bagi orang Bogor lebih kepada hal yang meniti kepada prilaku diri.

Dikutip dari cerita pitutur Bapak Sukandi (Almarhum) yang lahir di kebumikan di wilayah Desa Sipak Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor.

Mitologi Sapi tidak lain tidak lebih adalah kiasan atau silakan kata dari Sapikiran yang jika dirincikan akan panjang ulasannya.

Baca Juga :  Naker Fest 2024: Acara Pekerjaan dan Pelatihan Terbesar Tahun Ini!

Namun, ketika disederhanakan Sapikiran yang dimaksud adalah satu keyakinan bersama sebuah masyarakat disatu wilayah dalam mewujudkan gemar ripah loh jinawi.

Hal tersebut, yakni Mitologi Sapi tidak terlepas dari toponimi nama sebuah kampung dan desa yang yang ada di wilayah Desa Sipak, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor.

Yakni Kampung Parusapi, yang mana pada beberapa puluh dekade tersebut kampung itu menjadi simbul kemakmuran dan ksiburan

Hal itu dapat dilihat dari pola pengairan yang diperuntukkan untuk pertanian yang ada di sejumlah wilayah Kecamatan Jasinga Bogor.

Baca Juga :  Naker Fest 2024: Acara Pekerjaan dan Pelatihan Terbesar Tahun Ini!

Terlebih, di kampung tersebut terdapat salah satu tokoh yang dikeramatkan hingga saat ini masih banyak didatangi oleh para penjiarah dari berbagai daerah di Kabupaten Bogor.***

Artikulli paraprakDihari yang Cerah Sungai Cikaniki Nanggung Kembali Keruh: Aksi Satgas CRC Sebelumnya Terkesan Biasa Pada Kelestarian.
Artikulli tjetërApakah Pendopo Bupati Pertama Berada di Malasari Nanggung? Lalu, Di Mana Pendopo Pemerintahan Sebelumnya?