Beranda Daerah Airlangga Hartarto Mundur dari Ketua Umum Partai Golkar, Munaslub Segera Digelar

Airlangga Hartarto Mundur dari Ketua Umum Partai Golkar, Munaslub Segera Digelar

Publikbicara.com – Rumor mengenai pengunduran diri Airlangga Hartarto dari posisi Ketua Umum Partai Golkar akhirnya terkonfirmasi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini dikabarkan telah menandatangani surat pengunduran dirinya pada malam Sabtu, 10 Agustus 2024.

“Airlangga resmi mundur,” ungkap seorang sumber terpercaya di tubuh partai kepada Tempo pada hari Minggu, 11 Agustus 2024.

Baca Juga :  Media dan KPU Kabupaten Bogor Bahu-Membahu Sukseskan Pilkada 2024

Menurut informasi tersebut, Partai Golkar akan segera mengadakan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) pada 25 Agustus 2024 untuk memilih pengganti Airlangga.

Agus Gumiwang akan dilantik sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Golkar sampai Munaslub berlangsung.

“Rencananya, Munaslub akan dilaksanakan pada 25 Agustus mendatang. Agus Gumiwang akan menjabat sebagai Plt Ketua Umum hingga proses Munaslub selesai,” tambahnya.

Baca Juga :  Drama Emas: Spanyol U23 Tundukkan Prancis U23 5-3 di Final Olimpiade Paris 2024

Nama Menteri Investasi Bahlil Lahadalia muncul sebagai kandidat kuat pengganti Airlangga, dengan sejumlah elit Golkar lainnya juga mengonfirmasi kabar tersebut.

Meski demikian, Ketua DPP Golkar, Dave Laksono, enggan memberikan komentar lebih lanjut ketika dihubungi mengenai pengunduran diri Airlangga.

Persoalan kepemimpinan Golkar sudah menjadi perbincangan sejak pertengahan tahun lalu, ketika Dewan Pakar Golkar, Ridwan Hisjam, mendesak Airlangga untuk mundur dan mengusulkan Munaslub sebagai solusi.

Baca Juga :  Ini Bahaya Racun Tomcat: Ayo Diketahui Bahaya Racun Tomcat

Kritikan semakin memuncak karena dianggap gagal memenuhi mandat partai untuk maju dalam Pilpres 2024.

Sejumlah kader Golkar, termasuk Sirajuddin Abdul Wahab dari Generasi Muda Partai Golkar (GMPG), juga mendukung Munaslub.

Mereka merasa Airlangga tidak mampu memimpin Golkar dengan baik, terutama di tengah kasus dugaan korupsi ekspor minyak sawit mentah yang tengah diselidiki Kejaksaan Agung.

Baca Juga :  Airlangga Hartarto Laporkan Surplus Perdagangan dengan China dan Kemajuan Perjanjian IEU-CEPA kepada Presiden Jokowi

“Kami mendukung Munaslub sebagai langkah untuk mengganti Airlangga,” tegas Sirajuddin di Restoran Pulau Dua, Jakarta Pusat, pada 26 Juli 2023.***

Artikulli paraprakMedia dan KPU Kabupaten Bogor Bahu-Membahu Sukseskan Pilkada 2024
Artikulli tjetërKabupaten Bogor Rayakan Kemerdekaan dengan Kirab Bendera Meriah dan Pecahkan Rekor MURI