Beranda News Mitos atau Fakta? Arti Warna Tutup Botol Air Minum dalam Kemasan yang...

Mitos atau Fakta? Arti Warna Tutup Botol Air Minum dalam Kemasan yang Menghebohkan Publik

Publikbicara.com – Pernahkah Anda memperhatikan warna tutup pada botol air minum dalam kemasan (AMDK) dan bertanya-tanya apa maknanya?

Berbagai warna tutup, seperti biru, putih, hijau, dan merah, sempat menjadi bahan perbincangan hangat di media sosial.

Salah satu akun TikTok populer, @manjarazie.id, mengklaim memiliki penjelasan khusus mengenai arti dari setiap warna tutup botol ini.

Menurut video yang diunggah oleh akun tersebut, tutup botol berwarna biru tua menandakan bahwa airnya berasal dari sumber bawah tanah, melalui proses penyulingan, dan dikategorikan sebagai air mineral asli.

Baca Juga :  Timnas Indonesia Siap Hadapi Timor Leste di Stadion Madya Senayan, Jumat 27 September 2024

Sementara itu, tutup berwarna putih diklaim menunjukkan bahwa air tersebut berasal dari pipa tanah dan mengalami proses penyulingan dengan bahan kimia, yang mengurangi keasliannya dan menjadikannya lebih murah.

Tutup botol berwarna hijau, menurut penjelasan tersebut, menunjukkan bahwa air berasal dari sumber dengan kandungan mineral tinggi yang terletak di dalam tanah.

Namun, benarkah klaim-klaim ini?Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memberikan klarifikasi bahwa informasi tersebut adalah hoax.

Baca Juga :  PERSIB Tegaskan Komitmen: Korban Insiden Penyerangan Dapatkan Perawatan dan Bantuan Hukum

Dalam unggahan di akun media sosial resminya, @bpom_ri menegaskan, “Ada video yang mengklaim bahwa warna tutup botol air minum dalam kemasan dapat menunjukkan jenis atau sumber airnya? Faktanya, informasi tersebut tidak benar.”Jadi, saat Anda membeli botol air minum dalam kemasan, jangan terpaku pada warna tutupnya sebagai petunjuk kualitas atau sumber air.

Kualitas air minum sebaiknya ditentukan berdasarkan label dan informasi resmi dari produsen.

Artikulli paraprakPuteri Indonesia 2022 Mengaku Terima Transferan Uang Haram dari Eks Gubernur Maluku Utara yang Terkena Kasus
Artikulli tjetërUsai Johanes Ande Kalla Gagal Masuk TNI: Kini Dipanggil Dandim Untuk Menghadap