Beranda Kesehatan Manfaat Buah Strawberry Bisa Turunkan Kadar Kolesterol

Manfaat Buah Strawberry Bisa Turunkan Kadar Kolesterol

Publikbicara.com,– Strawberry adalah salah satu jenis buah-buahan berry yang sering dan banyak dijumpai di Indonesia. Strawberry memiliki ciri-ciri kulit berwarna merah cerah, memiliki rasa asam dan manis serta bentuknya yang cantik. Strawberry dapat dikonsumsi secara langsung atau dijadikan olahan makanan seperti selai, sirop, kue dan penambah rasa.

Selain memiliki rasa yang menyegarkan, strawberry memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Hal ini karena strawberry memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Kandungan nutrisi pada 100 gram strawberry adalah 32 kalori, karbohidrat, serat, protein, kalsium, folat, vitamin C, vitamin B6, magnesium, kalium, zat besi serta beragam jenis antioksidan seperti antosianin dan ellagitannins.

Baca Juga :  Anis Bersiap Maju Pilgub Jakarta: Tekrait Pasangan Dengan Kaesang, Ini Jawaban Anies

Manfaat mengonsumsi strawberry bagi kesehatan adalah menyehatkan saluran cerna karena kaya akan serat prebiotik. Kandungan serat ini dapat membantu pertumbuhan bakteri baik dalam usus dan menyehatkan saluran cerna. Kandungan antosianin juga mampu mengurangi resiko terjadinya kanker usus besar.

Selanjutnya strawberry juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh yang mana jika mengkonsumsi strawberry selama 3 minggu dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (HDL) sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh (LDL). Strawberry juga bisa menjaga tekanan darah untuk tetap stabil karena kandungan kalium, flavonoid, dan polifenol sehingga strawberry bagus untuk dikonsumsi penderita hipertensi.

Indeks glikemik yang rendah pada strawberry membuatnya dapat mengontrol kadar gula darah. Strawberry juga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Strawberry juga dapat menangkal efek radikal bebas karena kaya akan antioksidan.

Baca Juga :  Gegara Makan Ikan Goreng Ada Belatung Hidup: Warung di NTT Viral

Strawberry juga dapat dikonsumsi bagi tani muda yang ingin menurunkan berat badan, karena tinggi serat sehingga memberikan efek kenyang lebih lama. Manfaat strawberry sangatlah banyak, tetapi hal ini bisa tani muda dapatkan jika dapat mengolah dan memperhatikan kebersihannya. Tani muda harus pandai- pandai memilih strawberry yang baik dan segar. Untuk merasa lebih aman dan tenang, tani muda bisa menanam strawberry sendiri di rumah sehingga kebersihan dan kualitasnya terjaga.

Editor: Camel

Artikulli paraprakIlmuwan Sebut Sumba Satu Wilayah yang Hilang dari Indonesia
Artikulli tjetërHasil Survei SMRC, Hanya Tiga Partai Yang Terus Alami Kenaikan Eklektabilitas