Beranda Kesehatan 5 Sayuran Yang Dilarang Penderita Asam Urat

5 Sayuran Yang Dilarang Penderita Asam Urat

JAKARTA,PUBLIKBICARA.COM – Penderita asam urat rupanya harus menghindari beberapa makanan agar penyakit persediaan tersebut tak kambuh. Penderita penyakit ini terkadang mengalami kesulitan bergerak dan berjalan karena asam urat di sendi sudah mengkristal dan mengendap.

Secara umum, makanan yang harus dihindari adalah makanan yang kadar purinnya tinggi. Sebab beberapa makanan mengandung purin yang jika terlalu banyak dikonsumsi akan membuat kadar asam urat dalam tubuh naik.

Berikut daftar beberapa sayuran perlu dihindari karena memiliki kadar purin tinggi, dikutip dari berbagai sumber.

1.Asparagus

Asparagus memiliki kadar kalium dan folat tinggi. Akan tetapi, asparagus adalah salah satu sayuran yang perlu dihindari bagi penderita asam urat karena memiliki kandungan purin tinggi. Dalam asparagus, terdapat sekira 23 gram purin di setiap 100 gram sayuran ini.

2.Bayam

Selain mudah diolah, bayam terkenal memiliki gizi tinggi seperti vitamin C, flavonoid, zat besi, beta karoten, dan luteins. Akan tetapi, penderita asam urat harus menghindari bayam karena memiliki kandungan purin yang tinggi. Dalam setiap 100 gramnya, terkandung sekira 57 gram purin.

Baca Juga :  Prabowo Subianto Serukan Persatuan Elit Politik Demi Kemajuan Rakyat Pasca-Pilpres 2024

3.Buncis

Buncis menjadi salah satu sayuran yang sangat populer di Indonesia karena bisa diolah menjadi sedemikian rupa, seperti aneka tumisan dan menjadi bahan pelengkap. Namun, buncis dikenal memiliki fruktosa tinggi yang bisa menjadi pemicu asam urat.

4.Jamur
Jamur memiliki kandungan purin yang cukup tinggi dalam setiap porsinya. Oleh karena itu, pengidap asam urat wajib menghindari sayuran yang menjadi campuran di banyak hidangan ini.

5.Kembang Kol

Sayuran selanjutnya yang perlu dihindari adalah kembang kol. Sayuran ini biasanya hanya menjadi pelengkap di setiap hidangan. Kembang kol perlu dihindari oleh pengidap asam urat karena memiliki 23 gram purin di setiap 100 gramnya.

Baca Juga :  Anggota DPRD Kabupaten Bogor Sambangi Korban Bencana Alam di Sukajaya. Aan Triana: Kita Berharap DPKPP Segera Turun Tangan

Asam urat sendiri sebetulnya dapat dikontrol dengan obat-obatan, diet yang ramah asam urat, dan perubahan gaya hidup. Jika kamu menderita asam urat, makanan tertentu dapat memicu serangan dengan meningkatkan kadar asam urat.

Berikut daftar makanan yang baik dimakan bagi penderita asam urat:

1.Buah-buahan: semua buah-buahan umumnya baik untuk asam urat. Ceri bahkan dapat membantu mencegah serangan dengan menurunkan kadar asam urat dan mengurangi peradangan.

2.Sayuran: kentang, kacang polong, dan terong

3.Kacang: semua kacang-kacangan dan biji-bijian, termasuk kedelai dan tahu

4.Biji-bijian utuh: Ini termasuk gandum, beras merah, dan gandum

5.Produk susu: semua produk susu aman, tetapi produk susu rendah lemak sangat dianjurkan

6.Telur

7.Minuman: kopi, teh, dan teh hijau

8.Bumbu dan rempah-rempah: semua bumbu dan rempah-rempah

9.Minyak nabati: termasuk minyak kanola, kelapa, zaitun, dan rami

Sumber : CNBC Indonesia

Artikulli paraprakMantan Bos Twitter Minta Maaf Setelah Elon Musk PHK 3.750 Karyawan
Artikulli tjetërMaling SD di Ciampea Bogor Telah Ditangkap dan Kena Ancaman 7 Tahun Penjara