Beranda Kesehatan Berjalan Kaki Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Berjalan Kaki Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

BOGOR, PUBLIKBICARA.COM – Tekanan darah tinggi atau hipertensi kerap jadi cikal bakal berbagai penyakit kronis seperti jantung dan stroke. Tapi jangan khawatir, karena sesungguhnya kita dapat menurunkan tekanan darah tinggi dengan cara yang cukup mudah dan sederhana, yaitu berjalan kaki.

Berjalan kaki tidak hanya bermanfaat untuk memperkuat otot, tulang, dan menurunkan berat badan. Menurut makalah penelitian yang diterbitkan Current hypertension Reports, aktivitas fisik yang teratur terkait dengan tekanan darah lebih rendah.

Manfaat aktivitas fisik berjalan kaki ini juga berlaku bila dilakukan di dalam atau di luar ruangan sekalipun.

Baca Juga :  Dihadiri Pj Bupati dan Tokoh Bogor Barat Jaro Ade: Ribuan Warga Gelar Halal Bihalal dan Dorong Pemekaran DOB

“Kami sering menyarankan pasien kami melakukan aktivitas fisik sedang hingga berat, dan itu termasuk berjalan kaki,” ujar Anggota American College of Cardiology, Dr. Mahmoud Al Rifai, mengutip Live Science, Jumat (8/7/2022).

Penelitian dalam Database of Abstracts of Reviews of Effects, dengan berbagai uji coba menyimpulkan berjalan kaki bisa menurunkan berat badan, tekanan darah sistolik dan diastolik.

Menurut CDC, tekanan darah sistolik adalah tekanan darah di arteri saat jantung berdetak. Sedangkan tekanan darah diastolik adalah tekanan darah di arteri saat jeda di antara detak jantung.

Baca Juga :  Atlet IMI Raih Banyak Prestasi: Berikut History Karier Ziven Rozul Abi Salim

“Pembuluh darah dikelilingi oleh sel otot polos, dan ini adalah sel otot yang bisa berkontraksi dan rileks. Ini menentukan sel otot bisa berkontraksi dan rileks, dan jumlah yang seharusnya,” jelas Dr. Al Rifai.

Sehingga jika berjalan cepat, maka bisa meningkatkan tekanan darah, sedangkan berjalan perlahan bisa menurunkan tekanan darah.

“Berjalan dianggap menurunkan tonus pembuluh darah,” tutupnya.

Sumber : Suara.com

Artikulli paraprakCara Masak Daging Kambing Agar Tidak Bau
Artikulli tjetërMantan PM Jepang Shinzo Abe Ditembak Dalam Kampanye di Nara