Beranda Daerah Anggota Satlinmas Leuwisadeng di ‘Gembleng’ PBB

Anggota Satlinmas Leuwisadeng di ‘Gembleng’ PBB

Bogor, Publikbicara.com – Anggota Sat-Linmas se-Kecamatan Leuwisadeng diberikan pembekalan keterampilan berupa pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) hingga materi pelatihan penanggulangan jika terjadi kebencanaan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai tindaklanjut Permendagri 84 Tahun 2014 yaitu guna memberikan pembekalan pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, ikut memelihara keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan, membantu penanganan ketenteraman, ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu serta membantu upaya pertahanan Negara.

Dengan terselenggaranya kegiatan tersebut diharapkan satlinmas dapat membantu BPBD, SAR, PMI dan pemangku kepentingan lainnya untuk bersama-sama menanggulangi bencana alam antara lain : Banjir, Tanah longsor, Gempa Bumi, Gunung meletus, dan lain-lain yang meliputi pengurangan resiko/mitigasi, evakuasi dan rehabilitasi.

Baca Juga :  Pasca Pencoblosan, Aan Triana Bertengger di Posisi Tertinggi Raihan Suara di Dapil 5 (Lima)

Diungkapkan, Kanit Pol PP Leuwisadeng Cecep Tarmiji mengatakan, Sebanyak 8 (Delapan) desa mengirimkan para anggota Linmas untuk mengikuti kegiatan pelatihan yang digelar di Villa Bambu, Desa Sibanteng, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor.

“Semuanya kumpul untuk menerima satu masukan berupa materi-materi pelatihan,” kata Cecep Tarmiji kepada wartawan pada, Rabu (25/05/2022).

Dirinya mengatakan, selain diberikan pelatihan berupa materi oleh pemateri dari unsur TNI, BPBD dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor. Para peserta juga dibekali dengan praktek di lapangan.

Baca Juga :  Sukses Besar di Pemilu 2024,Samsul Hidayat Dipastikan Melenggang untuk DPRD Provinsi Jabar

“Melaksanakan latihan PBB, pelaksanaan praktek materi dalam penanggulangan kebakaran dan masyarakat, praktek dan pemberian materi dalam penanggulangan bencana itu diantaranya,” katanya.

Kasatpol PP Kabupaten Bogor, Cecep Imam Nagarasid menyampaikan, para peserta pelatihan tersebut diwajibkan mengikuti arahan dan petunjuk yang diberikan oleh para pelatih.

“Untuk mengikuti seluruh materi yang diberikan, sebagai bekal mengantisipasi bahaya dan bencana disetiap desanya,” ujarnya (Fex)

Artikulli paraprakAPDESI Nanggung Desak Perusahaan Rekanan PT Antam Pongkor Prioritaskan Pekerja Lokal
Artikulli tjetërDihantui Rasa Cemas, Atih dan Ohim Optimis Bisa Berangkat Haji