Beranda Ekonomi Pertamina Sediakan 50 Booth UMKM di Sirkuit Mandalika, Perkuat Perekonomian Lokal

Pertamina Sediakan 50 Booth UMKM di Sirkuit Mandalika, Perkuat Perekonomian Lokal

Jakarta, Publikbicara.com – Sudah hampir 2 tahun lamanya Indonesia menghadapi masa sulit akibat pandemi Covid-19. Memasuki tahun 2022 diharapkan menjadi tahun ke-emasan bagi pelaku bisnis, terutama pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Tanah Air. Momentum MotoGP Mandalika diharapkan dapat mendorong para pelaku UMKM di Tanah Air, bahkan dapat dimanfaatkan untuk menggaet investor.

PT Pertamina (Persero) melalui Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) menyediakan 50 booth Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang akan menyediakan kebutuhan penonton MotoGP yang berlangsung 18-20 Maret 2022 di sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Baca Juga :  Puan Maharani Buka Peluang PDIP Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran Usai Pertemuan dengan Megawati

“Saat ini Pertamina sedang melakukan kurasi, yaitu dilakukan pemilihan dan penilaian terhadap UMKM yang akan terlibat dalam kegiatan MotoGP ini. Kami berikan kesempatan bagi pelaku UMKM di NTB untuk menjadi tenant pada booth ini untuk memperkuat dukungan kita bagi tumbuhnya perekonomian lokal, ” ujar Fajriyah Usman selaku VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero).

Fajriyah menambahkan bahwa yang dilibatkan merupakan UMKM lokal yang berasal dari NTB dan sekitarnya. Setelah melalui proses kurasi, produknya akan dipamerkan dan diperjualbelikan kepada pengunjung.

Kegiatan ini merupakan rangkaian aktivitas pemberdayaan UMKM dalam kerangka TJSL Pertamina untuk mendukung kesuksesan gelaran MotoGP Pertamina Grand Prix Indonesia. Sebelumnya, Pertamina telah berkolaborasi dengan Pemprov NTB dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyelenggarakan temu bisnis para pelaku UMKM dengan potential buyer industri perhotelan di sekitar kawasan DPSP Mandalika.

Baca Juga :  Welber Jardim Batal Perkuat Timnas U-20, Indra Sjafri Ungkap Alasan Mengejutkan

“Efek dari kegiatan berskala internasional seperti MotoGP ini sangat luas, tujuan utamanya adalah untuk membangkitkan perekonomian di Indonesia khususnya NTB. Harapannya, kegiatan ini nantinya akan menjadi embrio bagi terciptanya ekosistem yang kuat antara pasok dan permintaan untuk sektor pariwisata di Mandalika sebagai salah satu DPSP,” kata Fajriyah. (Fex)

Artikulli paraprakIMM Tantang Komisi I Implementasikan Hasil Kunjungan Dari Bali
Artikulli tjetërHari Jadi Kopasus ke-70, Batalyon 14 Gelar Berbagai Rangkaian Kegiatan