Beranda Kesehatan Manfaat Sering Baca Ayat Kursi

Manfaat Sering Baca Ayat Kursi

Publikbicara.com – Bacaan ayat Kursi dan manfaat baca ayat kursi. Keutamaan ayat kursi memiliki manfaat bagi orang yang membacanya.

Potongan dari surat Al Baqarah ayat 255 memiliki keutamaan tentang ketauhidan dan menjadi pegangan seorang muslim sehingga berani menghadapi segala tantangan hidup.

Sebagi salah satu pegangan seorang muslim. Berikut lantunan dan keutamaan membaca ayat kursi.

“Alloohu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzi yasfa’u indahuu illa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhithuuna bisyai’m min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahual ‘aliyyul ‘adhiim.”

Artinya: “Allah, tidak ada tuhan (yang berhak disembah) meliankan Dia Yang Hidup Kekal lagi terus meberus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengatik dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapatmemberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dab bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar”

Baca Juga :  Kisah Epik Raden Kian Santang: Penyebar Islam di Jawa Barat

Selanjutnya tentang keutamaan ayat kursi sebagai salah satu pegangan hidup manusia.

1.Doa yang mustajab

Setelah berdoa hendaklah membaca ayat kursi niscaya doa kalian akan mustajab artinya doa akan dikabulkan, seperti hadist di bawah ini.

“Asma Allah yang paling agung apabila dibaca dalam do’a pasti dikabulkan ada 3 tempat. Yaitu surah Al Baqarah, Al Imran, dan At thaha” (HR. Ibnu Majah).

2.Pemimpin ayat Al Quran

Ayat kursi sebagai pemimpin Al Quran dijelaskan dalam hadist yang diriwayatkan Tirmidzi yang berisi.

“Segala Sesuatu itu mempunyai puncaknya dan puncak Al quran ialah surat Al-Baqarah, di dalambya terdapat sebuah ayat pemimpin semua ayat Al Quran yaitu Ayat Kurtsu.” (HR Tiemidzi)

Ditambah oleh riwayat dari Imam Abu Hamid Bin Muhammad Al-Ghozali. Rasullullah bersabda, ” Ayat Kursi merupakan ayat yang diberkahi, tidak ada yang membukakan kesulitan, menyingkirkan bencan dan menghilangkan kesedihan lebih ceoat dari pada ayat kursi.” (HR. Imam Abu Hamid Bin Muhammad Al-Ghozali).

3.Terbukanya pintu surga

Baca Juga :  Belasan Model Fotogenik Siap Ramaikan Event Hunting Photography: Catat Waktu dan Lokasinya

Selanjutnya membaca ayat kursi usai shalat wajib akan dibukakan pintu surga. Seperti yang diriwayatkan An Nasai.

“Barang siapa yang membaca ayat kursi setelah shalat wajib, maka tidak ada yang menghalanginya untuk masuk surga melainkan kematian.” (HR. An Nasai)

4.Perlindungan dari jin dan setan

Keutamaan ayat kursi yang menyatakan sebagai perlindungan dari jin dan setan tertuang dalam hadis riwayat Ubay Bin Ka’bah.

“Siapa yang membacanya di pagi, maka ia akan dilindungi (oleh Allah dari gangguan Jin) hingga petang. Siapa yang membacanya ketika petang, maka ia akan dilindungi hingga pagi.” (HR. Al Hakim 1:562).

5.Kunci rezeki

Bagi mereka yang sering membaca ayat kursi akan dimudahkan dalam mendapat rezeki. Seperti kisah sahabat yang kesulitan menikah (belum ada rezeki) meminta nasihat kepada rasullullah. Kemudian beliau menjawab kepada sahabat untuk membaca al ikhlas, al kafirun, al zalzalah, al maun, dan ayat kursi.

Itulah ulasan tentang lafal, arti, dan keutamaan ayat kursi. Dengan keikhlasan dan ridho dari Allah Swt segala doa dan permintaan akan terkabulkan.

Sumber :Suara Jatim

Artikulli paraprakOlah Raga 2 Menit Manjat Tangga Baik Untuk Penderita Darah Tinggi
Artikulli tjetërSemburan Air Bercampur Material Pasir Setinggi 5 Meter di Gunung Sindur, Warga Sempat Khawatir