Site icon PUBLIKBICARA.COM

Inovasi Daging Kurban Dalam Kaleng, Bisa Dikomsumsi Hingga 3 Tahun

CIAMPEA–Inovasi daging kurban dalam kemasan kaleng memang bukan hal baru.

Namun, pengemasan ini kembali ditawarkan sebagai alternatif berkurban yang aman di masa pandemi covid-19.

Daging kurban kaleng juga memiliki kelebihan karena bisa dikonsumsi hingga 3 tahun mendatang.

Di tengah masa pandemi covid-19, pelaksanaan kurban Idul Adha dihimbau oleh pemerintah, untuk mengikuti protokol kesehatan. Mulai dari penyembelihan hingga pembagian daging kurban untuk menekan penularan virus corona.

Hal tersebut yang dilakukan salah satu peternak kambing dan sapi di wilayah Desa Tegal, Waru, Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor Jawa Barat yaitu Mitra Tani Farm.

Menurut salah satu Pemilik Budi Susilo mengatakan inovasi kurban dalam kemasan kaleng ini sudah berjalan beberapa tahun kemarin sejak adanya pandemi.

“Sudah jalan dua tahun, tahun kemarin itu ada 50 ribu kaleng, insha Allah tahun ini hampir mendekati 10 ribu kaleng kurban kemasan,”kata Budi Susilo.

Dia mengatakan, kurban kemasan kaleng ini banyak diminati masyarakat yang ingin berqurban, selain untuk menghindari penyebaran covid 19, qurban dalam kemasan ini cukup higienis dan masa kadaluarsa cukup lama yaitu hampir 3 tahun dan tentunya sesuai syariat.

“Untuk penyaluran kurban sendiri tergantung mereka yang berkurban, nanti dikirim kemana, biasa itu saat pandemi ini warga yang terdampak, terus mereka yang berada di daerah pelosok atau terpencil,”kata Budi.

Untuk harga sendiri itu tetap seusai harga kambing kurban yang si pembeli beli, dan juga dengan adanya inovasi ini tentu akan menjadi awalan atau inovasi baru berkurban dalam kemasan kaleng yang lebih praktis.

Sementara itu Kurban yang baik itu diawali dengan ternak yang unggul, proses pemotongan, pengolahan itu harus bersih.

“Dan juga pemtongan itu langsung disaksikan oleh mereka yang berkurban,”pungkasnya.

(Cep rendra)

Exit mobile version