Site icon PUBLIKBICARA.COM

Apa Bedanya Vaksinasi dan Imunisasi?

Jakarta – Istilah vaksinasi dan imunisasi sering sekali dipakai secara bergantian untuk pengertian yang hampir sama. Padahal sesungguhnya kedua istilah itu mengandung makna yang berbeda.

Ketua Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI), Prof. Dr. Sri Rezeki S. Hadinegoro menjelaskan vaksinasi adalah tindakan memasukkan vaksin ke dalam tubuh untuk merangsang sistem imun.

“Sedangkan imunisasi, suatu proses di dalam tubuh setelah vaksin dimasukkan dan tubuh bereaksi membuat antibodi atau kekebalan. Istilah vaksinasi dan imunisasi ini sering sekali dipakai bersama-sama walaupun sebetulnya kalau kita mau tahu persis, itu agak sedikit berbeda,” terangnya dalam keterangan tertulis, Senin (2/11/2020).

Hal ini diungkapkannya saat memberikan paparan teknis terkait vaksin dalam Sosialisasi Media ‘Vaksinasi Untuk Negeri’ bersama Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Sabtu (31/10/2020).

Lebih lanjut Dr Sri menjelaskan dalam upaya pencegahan penyakit, ada beberapa faktor yang harus dilakukan, seperti ketersediaan air bersih. Sebab ketersediaan air bersih memungkinkan 50 persen dari penyakit itu sudah dapat diatasi.

“Jika air bersih tersedia di seluruh Indonesia, mungkin lima puluh persen dari penyakit itu sudah dapat diatasi,” ujarnya.

Ia juga mengatakan upaya pencegahan penting lainnya yang dapat dilakukan adalah menghindari indoor pollution atau polusi di dalam ruangan.

“Bapak atau ibu yang merokok di dalam ruangan itu menciptakan indoor pollution. Kalau di daerah Timur itu masih banyak yang memasak di dalam rumah dengan kayu sehingga asapnya ke mana-mana. Itu harus dihindari,” tuturnya.

Selain itu, Ia mengatakan pemberian ASI eksklusif, nutrisi seimbang, imunisasi, dan mengikuti program keluarga berencana adalah beberapa hal yang menurutnya dapat dilakukan guna mencegah berbagai penyakit yang ada.

sumber:Detik

Exit mobile version