Beranda News Cara Bersihkan Mobil dengan Baik Saat Pandemi Corona

Cara Bersihkan Mobil dengan Baik Saat Pandemi Corona

Jakarta – Pandemi corona mengingatkan kita lagi tentang pentingnya menjaga kebersihan, termasuk di dalam mobil. Demi terhindar dari Covid-19, beragam hal harus dilakukan dan wajib ditinggalkan.

Menjaga kebersihan mobil tentu saja akan membantu kita mengurangi potensi tertular virus corona. Itu jadi hal paling standar yang bisa dilakukan pemilik kendaraan.

Tapi bagaimana dengan servis rutin, bisakah tetap dilakukan dalam kondisi seperti ini? Lalu, bagaimana supaya tidak terpapar corona saat isi bensin? Gimana, sih, membersihkan mobil dengan baik?
Dikutip dari berbagai sumber, kami mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan dan kekhawatiran terkat virus corona dan mobil pribadi kita.

Bolehkan mengangkut penumpang di kursi depan?

Pemerintah menerapkan social distancing sejauh 1,5-2 meter. Ini sebenarnya bisa juga dilakukan di dalam mobil. Paling tidak, si penumpang bisa duduk di baris kursi yang berbeda dengan sopir (terutama jika penumpang bukan anggota keluarga inti).

Jika terpaksa harus berbagi kendaraan dengan orang lain (teman atau sopir taksi online) pastikan tidak memegang benda atau permukaan yang sama. Pastikan juga untuk mencuci tangan atau memakai hand sanitizer sebelum dan setelah masuk mobil.

Bagaimana membersihkan mobil dengan baik?

Pertama, pastikan semua bagian-bagian yang sering disentuh tangan disemprot menggunakan disinfektan. Misalnya gagang pintu, tombol-tombol di dashboard, kenop sabuk pengaman, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  DKM Masjid Al-Barkah Dapat Bantuan dari Pemda Kabupaten Bogor : Bantuan Diberikan Saat Tarling

Menggunakan sarung tangan dan masker juga dianggap perlu diterapkan saat membersihkan mobil.

Jika tidak memiliki disinfektan, bersihkan mobil menggunakan alat-alat kebersihan yang biasa digunakan. Beberapa dokter dan ahli sudah menyatakan alat-alat kebersihan tersebut mengandung deterjen yang bisa melumpuhkan virus corona.

Membersihkan mobil dengan baik di tengah pandemi coronaMembersihkan mobil dengan baik di tengah pandemi corona Foto: Thinkstock
Masih bisa ke bengkel enggak, sih?
Ternyata mobil kamu sudah harus masuk bengkel di tengah pandemi corona ini. Enggak usah khawatir, banyak bengkel resmi yang masih beroperasi, kok.

Tapi sebaiknya booking dulu sebelum datang ke bengkel. Melakukan pesanan servis membuat kamu akan lebih cepat dilayani, yang bisa membantu mengurangi potensi terpapar virus corona.

Beberapa bengkel resmi diketahui sudah menerapkan prosedur khusus di tengah pandemi corona ini. Termasuk dalam hal kebersihan.

Bagaimana supaya tetap ‘aman’ saat ke SPBU?

Uang kertas dipercaya menjadi salah satu penyebar virus corona. Oleh karena itu, saat bertransaksi di SPBU upayakan memakai uang dari aplikasi digital, atau melakukan pembayaran cashless.

Jika SPBU yang didatangi menerapkan pengisian mandiri, pastikan langsung mencuci atau menyemprot tangan menggunakan disinfektan. Di Jakarta dan beberapa kota besar lain di Indonesia, SPBU belum mengalami penutupan. Namun setiap daerah berbeda-beda tergantung kebijakan pemerintah daerah setempat.

Baca Juga :  Mimpi Indah Wisata Terpadu Debus Jasinga: Warisan yang Meredup di Tepian Waktu

Jika memungkinkan, langsung isi bahan bakar kendaraan sampai penuh. Ini untuk menghindari kamu sering bolak-balik isi bahan bakar.

Kebersihan Mobil dan Virus Corona: Hal-hal yang Jadi Kekhawatiran dan Pertanyaan Foto: CNN Indonesia/ Daniela Dinda
Dealer mobil masih buka, kan?

Well, kalau kamu mau beli mobil baru di tengah pandemi corona ini tak perlu khawatir. Seluruh dealer mobil yang ada di Jakarta, dan kota-kota besar lain di Indonesia, belum sampai ada yang menyatakan berhenti beroperasi.

Yang harus diperhatikan adalah social distancing. Pastikan tetap memerhatikan anjuran-anjuran pemerintah dan WHO tentang bagaimana berinteraksi dengan orang lain.

Kalau taksi online, masih boleh naik enggak, ya?

Tentu saja masih. Gojek dan Grab sebagai penyedia taksi online di Indonesia masih beroperasi penuh sampai hari ini.

Tentu saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat naik taksi atau taksi online. Direkomendasikan kamu menghindari kontak jarak dekat dengan pak sopir. Jangan lupa juga memakai hand sanitizer sebelum dan setelah menggunakan taksi online. Sebisa mungkin juga menyentuh benda-benda atau permukaan mobil. Ingat, juga jangan mengusap atau menyentuh wajah!

Di sisi lain, para pengemudi taksi sudah mendapat arahan dari perusahaannya untuk menjaga kebersihan kendaraan. Ini diharapkan bisa menekan potensi penularan virus corona.

Sumber:Detik.com

Artikulli paraprakSebelum Bertolak Ke Bogor, Presiden Jokowi Gelar Tahlil Untuk Almarhum Ibunya
Artikulli tjetërKemenag: Sayangi Keluarga, Jangan Mudik Lebaran Tahun Ini