Beranda Daerah Kades Yang Maju di Pilkades Wajib Cuti

Kades Yang Maju di Pilkades Wajib Cuti

DRAMAGA – Empat Desa di Kecamatan Dramaga yakni Desa Ciherang, Sukadamai, Neglasari dan Purwasari bakal menggelar Pilkades di bulan November 2020, mendatang.

Kepala Desa yang masa baktinya belum habis yakni Desa Neglasari, Sukadamai dan Ciherang. Berniat kembali maju di pertarungan Pilkades 2020, mereka di wajibkan Cuti setelah di tetapkan sebagai Calon Kepala Desa.

Nantinya, jabatan Kepala Desa yang kosong dan bakal dijabat oleh sekretaris Desa (Sekdes) sebagai Pelaksanaan Harian (PLH).

Camat Dramaga, Ivan Pramudia mengatakan, di Kecamatan Dramaga ada empat Desa yang bakal menggelar pilkades di tahun 2020 yakni Desa Purwasari, Ciherang, Neglasari dan Sukadamai.

Baca Juga :  Kemendikbudristek Ajak Masyarakat Berpartisipasi di Gerak Mulia: Gerakan Nyata untuk Pemulihan Pembelajaran

Untuk Desa Purwasari, jabatan Kepala Desanya sudah habis dan sudah diisi oleh Pjs dari ASN Kecamatan Dramaga.

Sedangkan ketiga desa lainnya yakni Ciherang, Neglasari dan Sukadamai jabatan Kepala Desa habis di tahun 2021.

Walaupun Jabatan Kepala Desanya belum habis, untuk pelaksanaan pilkadesnya ditarik ke tahun 2020.

“Kalau, ketiga kades tersebut kembali maju di pilkades. Saat ditetapkan menjadi calon kepala Desa di Pilkades 2020, mereka harus cuti sampai 15 November. Untuk Jabatan Kadesnya di isi oleh Plh yakni Sekdes,” ujar Ivan mantan Sekcam Leuwiliang.

Baca Juga :  Aksi Perampokan Sadis di Bogor: Ayah Tewas, Tiga Anggota Keluarga Terluka Parah

Ivan menambahkan, untuk tahap Pilkades saat masih tahap pembentuk panitia. Desa yang sudah dibentuk panitianya yakni Desa Purwasari. Setelah itu dilanjutkan pembentukan Panitia Pilkades di Desa Sukadamai, Ciherang dan Neglasari.

Dalam pembentukan panitia Pilkades ini, diharapkan seluruh BPD dan panitia bersifat netral dan tidak menjadi tim sukses di intern panitia.

Karena Netralitas tersebut juga dibutuhkan agar tidak terjadi indikasi kecurangan dalam pemilihan kepala desa.

“Kami berharap kepada panitia pilkades, agar tidak ikut menjadi tim sukses. agar Pilkades November mendatang berjalan aman dan tenang,” harapnya. (Fahri)

Artikulli paraprakDemokrasi di Desa Kalong II Lebih Hidup
Artikulli tjetërNekat Beroperasi, Belasan Panti Pijat di Plaza Niaga Sentul Ditertibkan Satpol PP