Beranda Internasional Wamentan Sudaryono Resmi Buka Bunex Perkebunan Indonesia Expo 2024, Tegaskan Peran Penting...

Wamentan Sudaryono Resmi Buka Bunex Perkebunan Indonesia Expo 2024, Tegaskan Peran Penting Sektor Pertanian dalam PDB

Publikbicara.com – Beberapa hari lalu, Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) RI, Sudaryono, secara resmi membuka gelaran akbar Bunex Perkebunan Indonesia Expo 2024 yang berlangsung di ICE BSD City, Tangerang.

Acara ini menjadi salah satu momentum penting bagi sektor perkebunan dan pertanian Indonesia untuk menampilkan berbagai inovasi dan potensi ekspor di pasar global.

Dalam sambutannya, Wamentan Sudaryono menyoroti betapa strategisnya peran sektor pertanian dalam mendukung perekonomian nasional.

Baca Juga :  Turnamen E-Sport Piala Rudy Susmanto Ade Ruhandy: Ajang Kreativitas Milenial Bogor untuk Dukung Pilkada 2024

Ia menegaskan bahwa sektor pertanian adalah kontributor utama bagi Produk Domestik Bruto (PDB) di luar sektor mineral dan migas.

Hal ini memperlihatkan betapa besar potensi yang bisa terus digali dari sektor tersebut, baik untuk konsumsi domestik maupun pasar ekspor.

Lebih jauh, Sudaryono menekankan komitmen Kementerian Pertanian untuk terus mendorong hilirisasi produk pertanian, yang dikenal dengan istilah down streaming.

Baca Juga :  Laga Persib vs PSIS: Suporter Tim Tamu Dilarang Hadir di Si Jalak Harupat

Upaya ini, menurutnya, bertujuan untuk memberikan nilai tambah pada setiap komoditas yang diekspor.

“Kami tidak hanya fokus pada peningkatan produksi, tapi juga pada bagaimana produk-produk pertanian kita memiliki nilai lebih sebelum diekspor, sehingga Indonesia bisa mendapatkan manfaat ekonomi yang lebih besar,” ujarnya.

Acara Bunex Perkebunan Indonesia Expo 2024 ini diharapkan menjadi ajang kolaborasi antar pelaku industri perkebunan, pemerintah, dan investor, untuk memperkuat daya saing produk perkebunan Indonesia di pasar internasional.***

Artikulli paraprakTurnamen E-Sport Piala Rudy Susmanto Ade Ruhandy: Ajang Kreativitas Milenial Bogor untuk Dukung Pilkada 2024
Artikulli tjetërModal Kecil, Untung Gede: Beternak Ayam Petelur Jadi Peluang Usaha Menguntungkan