Beranda Nasional Efisiensi Satuan Kerja, Kemenkeu Hemat Anggaran Hingga Rp1.398 Triliun

Efisiensi Satuan Kerja, Kemenkeu Hemat Anggaran Hingga Rp1.398 Triliun

Publikbicara.com – Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) II, Thomas Djiwandono, mengungkapkan bahwa upaya penyederhanaan satuan kerja (satker) yang dilakukan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berhasil menghemat belanja negara sebesar Rp1.398 triliun dalam kurun waktu 2019-2024.

Penghematan ini sebagian besar diperoleh dari pengurangan biaya operasional satker yang dianggap tidak lagi relevan.

Thomas menjelaskan, langkah penyederhanaan ini merupakan strategi Kemenkeu dalam mengoptimalkan belanja negara.

Baca Juga :  Israel 1-2 Italia: Gli Azzurri Amankan Kemenangan di Laga Tandang

Dengan mengurangi jumlah satker, Kemenkeu fokus meningkatkan kualitas belanja dan memastikan setiap anggaran yang dikeluarkan memberikan output yang lebih tepat sasaran dan berdampak nyata bagi masyarakat.

“Kami terus berkomitmen untuk melakukan penajaman terhadap output belanja negara. Ini bukan hanya soal menghemat, tetapi juga tentang memastikan setiap rupiah digunakan secara efektif,” tegas Thomas.

Keberhasilan ini menjadi bukti bahwa reformasi birokrasi yang dilakukan Kemenkeu mampu memberikan kontribusi nyata dalam pengelolaan keuangan negara, sekaligus membuka peluang untuk alokasi anggaran yang lebih produktif di masa mendatang.***

Artikulli paraprakIsrael 1-2 Italia: Gli Azzurri Amankan Kemenangan di Laga Tandang
Artikulli tjetërEuforia di Mapolsek Jasinga: Nobar Timnas Indonesia vs Australia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Dimanjakan Snack dan Koffe Gratis