Beranda News Akibat Sungai Cikaniki Sering Tercemar: Muspika Pasang Spanduk Himbauan

Akibat Sungai Cikaniki Sering Tercemar: Muspika Pasang Spanduk Himbauan

Publikbicara.com – Sungai Cikaniki di Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, semakin sering tercemar akibat adanya dugaan limbah yang meresahkan warga setempat.

Sebagai respons, Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Nanggung memasang sejumlah spanduk berwarna kuning yang berisi himbauan tegas untuk melindungi lingkungan.

Spanduk-spanduk tersebut terlihat terpasang di berbagai titik strategis di Kecamatan Nanggung, termasuk di ruas jalan Bantarkaret, Pangkaljaya, dan Curugbitung.

Baca Juga :  Ridwan Kamil Tidak Masalah Anies Bertemu PDIP, Siap Bersaing di Pilgub Jakarta

Tulisan di spanduk itu jelas menyatakan larangan keras terhadap kegiatan Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) yang menjadi salah satu sumber pencemaran sungai.

“Disampaikan kepada seluruh warga di Kecamatan Nanggung, maupun warga luar yang bermukim di wilayah Nanggung, dilarang melakukan kegiatan Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) dalam bentuk apapun.

Barang siapa yang masih melakukan kegiatan tersebut, akan ditindak sesuai UU nomor 3 tentang perubahan atas UU nomor 4 tahun 2009 tentang pertambangan minerba,” demikian bunyi pesan tegas di spanduk tersebut.

Baca Juga :  Ridwan Kamil Tidak Masalah Anies Bertemu PDIP, Siap Bersaing di Pilgub Jakarta

Sementara itu, Camat Nanggung, AE Saefullah, menjelaskan bahwa pemasangan spanduk ini merupakan langkah preventif agar masyarakat lebih sadar dalam menjaga lingkungan, terutama dalam hal membuang limbah.

“Sebagai pemerintah, kami selalu mengajak masyarakat untuk hidup bersih dan sehat (PHBS), salah satunya dengan merawat alam di sekitar.” ungkap camat seperti dikutip dari jabaronline.com pada Senin, (26/08/2024).

“Kami harap masyarakat tidak lagi membuang sampah atau melakukan aktivitas yang mencemari lingkungan, termasuk kegiatan penambangan ilegal,” Sambungnya usai mendampingi Pj. Bupati pada kegiatan pengembalian bendera pusaka ke pendopo Malasari.

Baca Juga :  Dominasi Penuh di Anfield, Liverpool Sikat Brentford 2-0

Ia menegaskan bahwa himbauan ini dibuat untuk kepentingan bersama dan meminta masyarakat mematuhinya demi kelestarian lingkungan. “Himbauan ini dari kita untuk kita, jadi mari kita taati bersama,” tutupnya.

Diketahui, Sungai Cikaniki yang mengalir di wilayah tersebut kerap kali tercemar hingga menyebabkan perubahan warna yang mengkhawatirkan. Pemasangan spanduk ini diharapkan bisa menjadi langkah awal untuk menekan aktivitas ilegal yang merusak lingkungan. ***

Artikulli paraprakRidwan Kamil Tidak Masalah Anies Bertemu PDIP, Siap Bersaing di Pilgub Jakarta
Artikulli tjetërDuel Sengit di Lapangan Lebak Jami: Tim Desa Koleang Arseko FC Ungguli Tim Desa Jasinga Baja FC di Babak Pertama