Beranda Daerah Video Peringatan Darurat Tahun 1991 Kembali Viral di Media Sosial, Ternyata Cuma...

Video Peringatan Darurat Tahun 1991 Kembali Viral di Media Sosial, Ternyata Cuma Hoaks

Publikbicara.com – Jagat maya kembali dihebohkan oleh sebuah video peringatan darurat yang tiba-tiba menjadi viral, terutama di platform Twitter atau X.

Netizen pun dibuat kebingungan dan penasaran dengan maksud dari video yang terlihat sangat serius tersebut.

Tak disangka, video yang menarik perhatian publik ini sebenarnya adalah tayangan lama dari pemerintah yang dirilis pada tahun 1991.

Baca Juga :  DPR RI Setujui Revisi UU Pilkada: Kesempatan Baru bagi Partai Nonparlemen untuk Usung Calon Kepala Daerah

Video yang diunggah ulang oleh kanal YouTube Albumfilm ini pertama kali ditayangkan pada 24 Oktober 1991, di mana pemerintah saat itu memperingatkan masyarakat akan ancaman makhluk aneh yang konon suka memakan kepala manusia.

Pada masa itu, video ini sempat menimbulkan kepanikan di tengah masyarakat. Pemerintah bahkan merasa perlu mengimbau warga untuk tetap berada di dalam rumah demi keamanan.

Tayangan ini disajikan dengan gaya penyiaran yang sangat khas era 1990-an, lengkap dengan suara berat penyiar dan tulisan “peringatan darurat” yang mencolok di layar.

Baca Juga :  DPKPP Kabupaten Bogor Resmikan Program Visioner Bertajuk Collaborative Governance: Kado Indah dalam Upaya Pengentasan Kawasan Kumuh

Di dalam video, terdapat kode misterius IND-7-1/ANM-021, dan peringatan tersebut disebut berlaku hingga 24 Oktober 1991 karena adanya dugaan aktivitas anomali yang tidak dikenal.

Tayangan tersebut juga menyebutkan ciri-ciri dari makhluk anomali tersebut, termasuk kecenderungannya untuk memakan kepala manusia, yang semakin memperkuat ketakutan publik kala itu.

Namun, setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata video peringatan darurat ini hanyalah sebuah hoaks yang dibuat dalam format “Analog Horror” atau “Emergency Alert System” (EAS).

Baca Juga :  Menteri Pertanian Amran Sulaiman Hadiri Soft Launching Biodiesel B50: Langkah Strategis Menuju Kemandirian Energi Nasional

Jenis konten ini seringkali digambarkan sebagai siaran televisi analog yang menyeramkan, dengan tujuan menimbulkan ketakutan bagi yang menontonnya.

Meskipun demikian, video ini masih banyak beredar dan terus menjadi topik pembicaraan di media sosial.

Kehebohan yang ditimbulkan pun menjadi bukti betapa kuatnya daya tarik konten retro yang dikombinasikan dengan unsur horor.

Baca Juga :  Kebakaran Hebat Landa Lapak PKL di Parung Panjang Bogor, Api Melalap Warung dalam Sekejap

Meski hanya sebuah karya fiktif, video ini berhasil menghidupkan kembali memori masa lalu sekaligus menambah warna dalam dinamika perbincangan netizen di dunia maya. ***

Artikulli paraprakDPR RI Setujui Revisi UU Pilkada: Kesempatan Baru bagi Partai Nonparlemen untuk Usung Calon Kepala Daerah
Artikulli tjetërPanduan Pendaftaran CPNS Kabupaten Bogor 2024: Persiapkan Diri Anda dengan Cermat!