Beranda Daerah Lestarikan Budaya Sunda, Pemdes Cihud Bogor Gelar Wayang Golek Semalam Suntuk

Lestarikan Budaya Sunda, Pemdes Cihud Bogor Gelar Wayang Golek Semalam Suntuk

Publikbicara.com – Dalam rangka menjaga dan mempertahankan tradisi lokal, Pemerintah Desa Cihideung Udik (Cihud), Kecamatan Ciampea bersama Disbudpar Kabupaten Bogor menyelenggarakan pertunjukan Wayang Golek, pada Sabtu, 2 September Agustus 2023.

Pertunjukan ini diadakan sebagai bagian dari acara Malam Resepsi Tasyakuran dalam rangka perayaan Hari Kemerdekaan RI yang ke-78 dan memperkenalkan Budaya Sunda.

Pagelaran wayang golek semalaman suntuk dengan Dalang Ki Ogi Sabda Permana dengan melibatkan para tokoh seni dan budaya dan dilengkapi bazzar murah UMKM . Selain dihadiri para Kepala Desa se Kecamatan Ciampea turut hadir juga komedian Azis Gagap.

Baca Juga :  Nikmatnya Makan Ngemie di Malam Hari dengan Topping Cakalang dan Telur Dadar, Cobain Yuk!

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Deni Humaedi menuturkan, tujuan digelarnya wayang golek salah satunya untuk melestarikan  dan mengembangkan seni pewayangan dikalangan masyarakat, terutama generasi muda. Wayang golek merupakan media yang tepat dan lebih mudah dicerna. Isi cerita yang disampaikan dalang selain informasi tentang pembangunan juga informasi yang berhubungan dengan pewayangan.

“Saya berharap dengan pagelaran ini seni pewayangan bisa lestari di kalangan generasi muda. Seni peninggalan leluhur ini menurutnya tidak saja sebagai tontonan tetapi merupakan tuntunan dan bisa memunculkan para Dalang muda,” ujarnya

Baca Juga :  V Bar Bogor Jadi Panggung Pamungkas Tur Super Podcast Show 2024

Sementara itu, Kepala Desa Cihud, Denny mengungkapkan pagelaran wayang golek keliling merupakan rangkaian semarak HUT RI ke 78 di Desa Cihideung Udik. Golek keliling (Goling) sendiri merupakan kerjasama dari Disbudpar Kabupaten Bogor dengan Pemdes Cihud dalam rangka melestarikan budaya Sunda.

Tidak hanya Pagelaran Wayang Golek, puncaknya besoknya dilanjutkan Senam massal, dan malamnya dilanjutkan pentas seni anak.

“Saya berharap dengan adanya Wayang golek di Desa Cihud masyarakat tidak lupa indentitas bahwa kita punya kesenian tradisional yang harus di lestarikan,” tukasnya.

 

 

Editor:  Tama

Artikulli paraprakLangkah Cepat Pemkot Bandung Upayakan TPA Darurat di Pasir Impun
Artikulli tjetërTPS Alternatif Sarimukti Selesai Dibuat Untuk Menampung Sampah dari Bandung Raya